Sukses

Jaringan Backbone Telkom di Wilayah Palu Kembali Pulih 100 Persen 

Jaringan backbone dan metro fiber optic Telkom jalur Palu-Donggala dan Palu-Parigi-Manado kini telah 100 persen pulih.

Liputan6.com, Jakarta - Jaringan telekomunikasi yang sempat rusak usai gempa dan tsunami wilayah Sulawesi Tengah telah berangsur pulih. Salah satu operator yang memastikan pulihnya jaringan adalah PT Telkom Indonesia (Telkom).   

“Hingga saat ini, jaringan backbone dan metro fiber optic jalur Palu-Donggala dan Palu-Parigi-Manado telah 100 persen pulih,” seperti dikutip dari akun Twitter Telkom Indonesia, Minggu (7/10/2018).

Tidak hanya itu, sebanyak 885 base tranceiver receiver (BTS) atau sekitar 70 persen BTS Telkomsel juga kembali pulih. Karenanya, 83 persen layanan suara dan 63 persen layanan data sudah dapat digunakan.

Sebelumnya, Telkom turut mengirim WiFi gratis ke 157 lokasi di wilayah terdampak bencana gempa dan tsunami, mulai dari Palu, Donggala, Ampana, Banggai, Luwuk, Marisa, Parigi, Poso, dan Toli dengan SSID TelkomPeduli. 

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga, juga menyerahkan 1.000 unit kartu Simpati kepada Polda Sulawesi Tengah untuk membantu polisi dan relawan melakukan koordinasi setelah gempa.

Telkom juga juga menyiapkan fasilitas telepon gratis di Posko TNI/Pemda, Posko Korem, Posko Bandara, Posko Kantor Walikota, Posko Kantor Gubernur, dan RS Undata Palu.

Untuk layanan seluler bagi warga Sulawesi Tengah, Telkom Group melalui Telkomsel memberikan paket gratis nelpon dan SMS ke semua operator 24 jam yang berlaku selama seminggu, bagi seluruh pelanggan di Palu dan Donggala.

Paket gratis nelpon dan SMS dapat diaktifkan dengan menu UMB *888*20# atau SMS, Ketik SULTENG Kirim ke 8999. Pelanggan akan mendapatkan 50 menit dan 200 SMS Gratis ke seluruh operator dan berlaku selama seminggu.

Paket bisa diaktivasi melalui dial number *888*20#. Setiap aktivasi berlaku selama 7 hari dan paket layanan gratis ini dapat digunakan untuk 14 hari ke depan.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fasilitas Telepon Gratis dari Telkomsel

Telkomsel pun menyediakan fasilitas telepon gratis di GraPARI Palu yang beralamat di Jalan Professor Muhammad Yamin No. 9, Palu Selatan, Kota Palu. 

Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan menjelaskan, TelkomGroup terus mengupayakan percepatan pemulihan infrastruktur dan layanan telekomunikasi, khususnya untuk layanan seluler Telkomsel.

“Hingga saat ini, recovery jaringan Telkomsel sudah mencapai 70 persen. Layanan komunikasi SMS dan voice sudah normal, demikian juga layanan internet 4G juga sudah berangsur pulih di kabupaten dan kota terdampak bencana, seperti di Palu, Donggala, dan Luwuk,” jelas Bob.

3 dari 3 halaman

Catat, Ini Lokasi Telepon dan Internet Gratis di Donggala dan Palu

Pasca-gempa di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, jaringan komunikasi langsung lumpuh.

Operator telekomunikasi Telkomsel juga mengakui jaringan 4G-nya terganggu akibat pemadaman listrik, meski akhirnya berangsur pulih.

Selama proses pemulihan pasca-gempa berlangsung, masyarakat di wilayah tersebut dapat mengakses internet dan telepon secara gratis yang disediakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Telkom dan Telkomsel.

Informasi ini disampaikan langsung oleh Telkom lewat keterangannya, Minggu (30/9/2018).

Akses gratis tersebut diberikan lewat jaringan Wifi.id bagi wilayah yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami.

Lewat SSID "TelkomPeduli", internet gratis ini sudah bisa diakses di kantor Telkom di wilayah Palu, Donggala, Ampana, Banggai, Luwuk, Marisa, Parigi dan Poso.

Berikut daftar alamat kantor Telkom yang menyediakan akses internet gratis:

Palu: Jl. Juanda No. 25 Palu

Donggala: Jl. Kamata No 46 Kab Donggala

Ampana: Jl. Muslaeni, Uentanaga Bawah, Ampana Kota.

Banggai: JL Yogugu Sopia, Lambako, Banggai, Banggai Laut

Luwuk: Jl. M.T. Haryono, Soho, Luwuk

Marisa: Jl. Trans Sulawesi, Marisa utara

Parigi: Jl. Telkom, Masigi, Parigi

Poso: Jl. Urip Sumoharjo No.3, Kasintuwu, Poso Kota Utara.

Di sana, masyarakat bisa memakai internet secara gratis. Telkom juga menyediakan fasilitas charger untuk mengisi ulang daya secara cuma-cuma, mengingat saat ini di beberapa lokasi banyak yang kesulitan listrik.

Tak cuma itu, ada juga fasilitas sistem komunikasi satelit dengan Satellite News Gathering (SNG) yang dibawa dari Makassar ke Palu. 

Adapun untuk telepon dan SMS gratis, disediakan langsung dari Telkomsel. 

Untuk bisa memanfaatkan layanan tersebut, masyarakat harus beranjak di halaman Grapari Telkomsel Palu. Alamat Grapari Telkomsel Palu Jl. Professor Muhammad Yamin No. 9, Palu Selatan, Lolu Utara, Palu.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.