Siap-Siap, 4 Smartphone Nokia Bakal Cicipi Android 9 Pie

Oleh Agustinus Mario Damar pada 08 Okt 2018, 12:00 WIB
Diperbarui 09 Okt 2018, 22:13 WIB
Nokia

Liputan6.com, Jakarta - HMD Global kembali mengumumkan daftar smartphone yang akan mendapat pembaruan Android 9 Pie.

Informasi ini disampaikan tidak lama setelah perusahaan memastikan kehadiran Nokia 7.1 Plus.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (8/10/2018), empat smartphone yang dipastikan akan mendapat pembaruan adalah Nokia 6.1, Nokia 6.1 Plus, Nokia 8, dan Nokia 8 Sirocco.

Meski sudah pasti, keempat smartphone itu akan mendapat pembaruan di waktu yang berbeda.

Untuk Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus misalnya, HMD menjanjikan pembaruan Android Pie akan diperoleh pada Oktober 2018.

Sementara, pengguna Nokia 8 dan Nokia 8 Sirocco akan mendapatkannya pada November 2018.

Sayangnya, belum ada informasi apapun mengenai fitur yang akan tersedia di pembaruan kali ini.

Kendati demikian, fitur utama Android Pie seperti Adaptive Battery, Adaptive Brightness, dan modus Do Not Disturb juga akan tersedia.

Implementasi Digital Wellbeing yang tersedia di Android Pie disebut juga akan ada bersamaan dengan pembaruan ini.

Terakhir, mengingat smartphone Nokia menggunakan versi Android Stock, besar kemungkinan navigasi berbasis gestur akan dapat dilakukan.

Sebelumnya, HMD Global juga sempat berjanji merilis pembaruan Android 9.0 Pie untuk Nokia 7 Plus. Namun, saat ini, pengguna smartphone itu diminta bersabar karena ada kendala terkait persiapan peluncuran.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2 of 3

Semua Smartphone Nokia Bakal Cicipi Android Pie

Nokia
Deretan smartphone Nokia. Liputan6.com/ Andina Librianty

HMD Global akan merilis sistem operasi (OS) Android Pie (9.0) untuk semua seri smartphone Nokia yang telah dirilisnya, tak cuma perangkat Android Go.

Hal ini telah dipastikan langsung oleh perusahaan asal Finlandia tersebut.

Dilansir Phone Arena, Kamis (16/8/2018), semua pengguna smartphone Nokia yang dirilis HMD Global akan mendapatkan pembaruan OS untuk perangkatnya.

Kendati demikian, perusahaan belum mengumumkan jadwal peluncuran OS Android versi baru itu untuk jajaran produknya.

Berikut semua smartphone Nokia yang diprediksi akan mencicipi Android Pie beberapa bulan lagi, yaitu Nokia 1 (Android Go), Nokia 2, Nokia 2.1 (Android Go), Nokia 3, Nokia 3.1, Nokia 5, Nokia 5.1, Nokia 6, Nokia 6.1, Nokia 6.1 Plus.

Selain itu juga termasuk Nokia 7 (eksklusif Tiongkok), Nokia 7 Plus, Nokia 8, Nokia 8 Sirocco, Nokia X6 (eksklusif Tiongkok), and Nokia X5 (eksklusif Tiongkok).

Nokia 7 Plus kemungkinan akan menjadi yang pertama mendapatkan pembaruan ke Android 9 Pie, karena merupakan satu-satunya smartphone HMD yang mengikuti program Developer Preview. Setelahnya, Nokia 8 dan Nokia 8 Sirocco akan menyusul.

Adapun smartphone Android Go akan mendapatkan Android Pie sebelum handset segmen menengah dan bawah milik Nokia lainnya.

3 of 3

Google Ungkap Alasan Pakai Nama Android Pie

Android
Android Pie. (Foto: Google)

Android Pie adalah nama resmi dari OS baru Google, Android 9. OS baru ini telah tersedia untuk ponsel Pixel dan Essential Phone, sedangkan peluncuran untuk perangkat lain akan menyusul pada tahun ini dan 2019.

Lantas, apa alasan Google memiliki nama kue pie sebagai nama sistem operasi terbarunya ini?

Disampaikan Engineering Director Google, Andrei Popescu, pemilihan Android Pie sebagai nama OS Android 9.0 tak lain karena dinilai memiliki kesederhanaan dari kue pie itu sendiri.

"Pemilihan nama ini adalah tujuan yang sama kami usung bersama Android. Android Pie adalah tentang kecerdasan buatan dan User Interface (UI) yang lebih sederhana dan intuitif, kami pikir itu sesuai dengan karakteristik kue pie yang sederhana dan tidak repot membuatnya," jelasnya.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by