Sukses

Puspiptek dan Sinar Mas Land Bangun Galeri Teknologi Inovasi

Nantinya, di galeri tersebut akan terangkup jejak teknologi dan juga inovasi yang pernah diciptakan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Mohamad Nasir, akan meresmikan Galeri Ilmu Pengetahuan Teknologi Inovasi (GIPTI) di kawasan BSD City, Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

Nantinya, di galeri tersebut akan terangkup jejak teknologi dan juga inovasi yang pernah diciptakan di Indonesia.

Mohamad Nasir pun langsung memimpin langsung peletakan batu pertama tersebut.

Menurutnya, GIPTI ini adalah proyek kolaborasi antara Puspiptek dan Sinar Mas Land yang sudah digagas sejak era 1980-an.

Saat itu para petinggi kedua lembaga merencanakan pembangunan kawasan technopolis, namun baru tahun inilah Menristek menjadikannya nyata.

Menristek menjelaskan, konsep technopolis tersebut tidak hanya berfokus sebagai pusat penelitian dan pengembangan iptek.

"Ini juga berfungsi sebagai pusat pengembangan produk-produk nasional, pusat pertumbuhan kewirausahaan berbasis teknologi melalui inkubasi, pusat informasi iptek, serta pusat pelatihan bagi SDM Industri," paparnya.

Lalu, Kepala Puspiptek Sri Setiawati mengatakan, GIPTI hadir untuk menjadi showcase kemajuan inovasi dan juga teknologi terapan terkini, tempat untuk pemberdayaan dan edukasi masyarakat di bidang IPTEK, dan tempat pemasaran bagi produk-produk UKM dan startup berbasis teknologi.

"GIPTI hadir sebagai showcase kemajuan iptek dan inovasi serta teknologi terapan terkini," kata Sri.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sesuai dengan N-STP

Sri juga menambahkan, pengembangan GIPTI sesuai dengan program pengembangan National Science & Technology Park (N-STP) Puspiptek.

"Saat ini, GIPTI dan N-STP Puspiptek didukung oleh ekosistem kawasan BSD City yang tentu akan saling menguatkan satu sama lain," kata Sri.

Sementara,CEO Strategic Land Sinarrmas Land Christopher Siswanto Adisaputro mengatakan, pihaknya mendukung pembangunan GIPTI karena bisa memperkaya ekosistem BSD City khususnya di sektor teknologi dan riset.

"Semoga kolaborasi ini dapat semakin mendukung BSD City yang tengah bertransformasi menjadi integrated smart digital city dan juga sedang menggarap proyek kawasan Digital Hub dengan berharap bisa menciptakan peluang bagi pihak lintas sektor," jelas Siswanto.

(Pramita Tristiawati/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.