Aplikasi Twitter untuk iOS Hadir dengan Fitur Penghemat Data

Oleh Liputan6.com pada 08 Okt 2018, 15:30 WIB
Diperbarui 09 Okt 2018, 22:13 WIB
Twitter

Liputan6.com, Jakarta - Twitter baru saja menggulirkan fitur anyar khusus untuk aplikasinya di iOS. Kali ini, fitur yang dihadirkan berupa penghematan data.

Kehadiran fitur terbaru ini didasari alasan karena aplikasi Twitter bisa menguras data yang cukup besar, terlebih saat pengguna membuka foto atau memutar video.

"Kami merilis perubahan menarik, termasuk opsi di dalam pengaturan 'Data Usage' di mana pengguna bisa menggunakan data yang lebih sedikit saat melakukan browsing dan kegiatan lainnya," ujar Twitter dalam penjelasannya sebagaimana dilansir Ubergizmo, Senin (8/10/2018).

Tak hanya itu, Twitter juga akan melakukan perubahan untuk mengurangi penggunaan data berlebih, mulai dari pesan grup, berinteraksi menggunakan voice over, hingga konsumsi data dari jenis iklan tertentu.

Twitter mengklaim, fitur ini layak dijajal bagi pengguna yang memiliki paket data terbatas dan ingin mengurangi pemakaian data.

Untuk bisa memanfaatkan fitur ini, kamu sudah bisa memperbarui aplikasi Twitter di iOS mulai hari ini.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2 of 3

Twitter Lite

Twitter
Ilustrasi Twitter. (Doc: Google)

Twitter sendiri sebetulnya sudah menghadirkan aplikasi khusus yang lebih menghemat data, yakni Twitter Lite.

Twitter Lite kini bisa digunakan di 24 negara yang menjadi target baru aplikasi tersebut. Negara-negara itu adalah Algeria, Bangladesh, Bolivia, Brasil, Chili, Kolombia, Kosta Rika, Ekuador, Mesir, Israel, Kazahstan, Meksiko, Malaysia, Nepal dan Panama. Selain itu juga termasuk Peru, Serbia, El Savador, Afrika Selatan, Thailand, Tunisia, Tanzania dan Venezuela.

Twitter Lite merupakan aplikasi mobile untuk perangkat Android yang lebih sederhana daripada versi aplikasi Twitter reguler. Aplikasi ini mengoptimalkan koneksi bandwitch rendah berkat adanya fitur hemat data internet.

Aplikasi ini sendiri hanya memakan kapasitas memori sebesar 3MB, sehingga dinilai lebih cepat dan mudah untuk mengunduh data meski dalam koneksi 2G.

Tampilan aplikasi Twitter Lite (Foto: GSM Arena)

Twitter Lite pada awalnya hadir dalam bentuk situs web mobile, lite.twitter.com. Kemudian Twitter merilis versi aplikasinya pada September 2017 dan dirilis di Filipina.

Setelah sejumlah pengujian dan respon, Twitter memutuskan untuk merilis aplikasi Twitter Lite ke negara lainnya. Aplikasi Twitter Lite saat ini hanya tersedia untuk perangkat Android.

3 of 3

Twitter Lite di Play Store

Twitter
Ilustrasi Twitter (iStockPhoto)

Untuk pengguna Twitter yang ingin menggunakan aplikasi ini, bisa mengunduhnya di Play Store. Twitter Lite saat ini hanya kompaitbel dengan perangkat berbasis Android versi 5.0 ke atas.

Dua keunggulan layanan ini adalah bisa menghemat penggunaan data dan hanya memakan sedikit ruang di dalam memori smartphone. Untuk menghemat data misalnya, pengguna cukup mengaktifkan modus data saver agar hanya mengunduh gambar atau video yang ingin dilihat saja.

Twitter Lite memang lebih sederhana daripada versi reguler aplikasi Twitter, tapi layanan ini tetap dilengkapi dengan fitur-fitur utamanya yaitu Timeline, Explore, Messages, Profile dan Notifications.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, aplikasi Twitter Lite belum ada di Play Store untuk para pengguna di Indonesia. Namun, versi laman web Twitter Lite sudah tersedia di Indonesia sejak awal tahun ini.

(Vivi Hartini/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓