Nokia 7.1 Bakal Punya Layar 5,8 Inci dan Prosesor Kelas Menengah

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 04 Okt 2018, 14:00 WIB
Nokia

Liputan6.com, Jakarta - HMD Global bakal merilis sebuah smartphone anyar pada 11 Oktober mendatang di India. Banyak yang menduga kalau perangkat yang dimaksud adalah smartphone kelas menengah Nokia 7.1 dan Nokia 7.1 Plus.

Keduanya disebut-sebut akan memiliki notch. Untungnya, seorang jurnalis sekaligus leakster perangkat asal Jerman, Roland Quandt, lewat akun Twitter-nya @rquandt mengungkap sejumlah informasi mengenai perangkat baru Nokia ini, sampai nama model yang bakal dirilis.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Phone Arena, Rabu (3/10/2018), Nokia 7.1 bakal punya sejumlah perbedaan dengan Nokia 7.1 Plus. Meski begitu secara keseluruhan, Nokia 7.1 bisa dibilang hadir dengan peningkatan spesifikasi ketimbang Nokia 7 yang dirilis tahun lalu.

Misalnya saja, Nokia 7.1 akan hadir dengan prosesor Snapdragon 636 dari Qualcomm. Selain itu, perangkat ini juga didukung dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB.

Untuk urusan layar, Nokia 7.1 mengusung layar 5,84 inci, lebih kecil ketimbang layar Nokia 7.1 Plus yang kabarnya memiliki luas 6,2 inci.

Nokia 7.1 (Foto: Twitter/ @rquandt)

Nokia 7.1 yang memiliki notch juga akan memiliki aspek rasio yang berbeda dibanding perangkat lain, yakni 18,7:9. Layar Nokia 7.1 memiliki resolusi 2.244x1.080 piksel, di mana notch-nya akan menjadi tempat untuk kamera selfie 8MP.

2 of 3

Bodi Belakang dan Harga

Nokia 7.1
Nokia 7.1 (Foto: Twitter/ @rquandt)

Pada bodi belakangnya, terdapat kamera utama berlensa ganda dari Zeiss dengan resolusi 12MP dan 5MP. Alih-alih Android Pie, Nokia 7.1 juga akan didukung dengan OS Android 8 Oreo.

Soal bodi, Nokia 7.1 dilapisi kaca dan aluminium, terlepas dari notch yang begitu lebar, pada gambar yang beredar, desain perangkat ini terlihat cukup menarik. Terutama karena Nokia 7.1 hadir dengan harga yang kemungkinan kompetitif.

Jika perkiraan Quandt benar, perangkat Nokia 7.1 varian RAM 3GB dan memori internal 32GB akan dilepas dengan harga €350 atau setara Rp 6,1 jutaan jika dirupiahkan.

3 of 3

Event di 11 Oktober

Nokia
Jajaran smartphone Nokia (Foto: screenshot)

HMD baru mengonfirmasi acara peluncuran ini dengan membagikan undangan kepada media dengan tulisan "important announcement" atau pengumuman penting dan "let the festive season begin" atau "biarkan musim perayaan dimulai".

Berdasarkan undangan yang dibagikan oleh HMD, kemungkinan besar, perangkat baru ini diumumkan pada 4 Oktober ketimbang 11 Oktober. Mungkinkah perangkat yang bakal dirilis adalah Nokia 9?

Merujuk pada isu yang beredar sebelumnya, Nokia 9 disebut-sebut akan dirilis pada awal tahun 2019. Oleh karenanya, satu-satunya smartphone baru yang mungkin diumumkan HMD Global adalah Nokia 7.1 Plus. 

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓