Sukses

Top 3 Tekno: Daftar Informasi Hoaks soal Gempa Palu-Donggala Paling Hits

Kemkominfo menemukan dan mengenali delapan konten yang berisi informasi hoaks terkait informasi gempa Palu-Donggala menjadi artikel terpopuler kanal Tekno Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta Penyebaran informasi hoaks terkait bencana gempa dan tsunami di wilayah Donggala, Palu, dan Mamuju, Sulawesi Tengah, marak beredar.

Menyikapi hal tersebut, Kementerian dan Informatika (Kemkominfo) telah melakukan pemantauan atas konten tersebut.

Alhasil, Kemkominfo menemukan dan mengenali delapan konten yang berisi informasi hoaks. Daftar hoaks tersebut menjadi artikel terpopuler kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (3/10/2018).

Tak cuma itu, ada dua artikel lain yang juga tak kalah menarik, seperti tampilan visual Kota Palu dari LAPAN, dan Telkomsel gratiskan layanan telepon dan SMS di wilayah bencana Palu-Donggala.

Tanpa berpanjang lebar, langsung saja simak ketiganya berikut ini.

1. Ini 8 Hoaks soal Gempa Palu-Donggala

Warga mengevakuasi kantong jenazah berisi jasad korban tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AP Photo/Rifki)

Berbagai pihak tak bertanggung jawab memanfaatkan bencana untuk menyebarkan hoaks, termasuk yang terkait dengan gempa dan tsunami di wilayah Donggala, Palu, dan Mamuju, Sulawesi Tengah.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sejak Sabtu (29/9/2018), telah melakukan pemantauan atas konten negatif yang beredar di internet.

Dari hasil pemantauan itu, ditemukan dan dikenali konten yang berisi informasi hoaks. Berikut fakta sesungguhnya dari informasi yang beredar tersebut:

Selengkapnya baca di sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Melihat Wajah Kota Palu Sebelum dan Sesudah Gempa dari Luar Angkasa

Pandangan udara memperlihatkan sejumlah bangunan rusak usai dilanda gempa dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10). Gempa berkekuatan 7,4 Magnitudo disusul tsunami melanda Palu dan Donggala pada 28 September 2018. (JEWEL SAMAD/AFP)

Pascagempa Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengungkap wajah Kota Palu dari luar angkasa.

Dalam keterangan resminya, Lapan menampilkan visual Kota Palu dari data citra satelit resolusi tertinggi.

Disampaikan Kabag Humas Lapan, Jasyanto, data yang dipakai adalah data satelit Pleiades, yakni satelit milik Prancis dengan resolusi spasial 60 cm.

Selengkapnya baca di sini

3. Telkomsel Gratiskan Telepon dan SMS di Wilayah Bencana Palu-Donggala

Petugas membersihkan puing-puing dari hotel Roa Roa yang runtuh di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10). Jumlah korban tewas akibat gempa dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala diperkirakan akan meningkat. (JEWEL SAMAD/AFP)

Telkomsel tengah memulihkan jaringan dan layanan pascagempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Untuk memudahkan komunikasi di wilayah terdampak bencana, Telkomsel memberi paket gratis telepon dan SMS selama 24 jam ke seluruh operator.

Tidak hanya itu, melalui keterangan resmi Telkomsel yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (2/10/2018), Telkomsel menyebut pihaknya terus memperlancar kegiatan penanggulangan bencana.

Salah satunya dengan memprioritaskan tujuh titik vital bencana, mengerahkan tim siaga bencana TERAA, serta mendirikan posko darurat dan bantuan kemanusiaan.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini