Sukses

Samsung Bakal Pamer Smartphone Lipat Bulan Depan

Samsung dilaporkan akan mengumumkan smartphone lipat pertamanya di konferensi developer perusahaan pada November 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung akan mengumumkan smartphone lipat pertamanya di dalam konferensi developer perusahaan pada November 2018. Kendati demikian, smartphone itu belum siap untuk dijual atau setidaknya belum akan dijual pada bulan yang sama.

Dilansir Softpedia, Kamis (4/10/2018), informasi tersebut disampaikan oleh sumber internal Samsung kepada The Korea Times. Menurut sumber, produk yang akan diumumkan bulan depan itu bukan versi final atau preview.

"Kami mungkin memberikan sedikit informasi tentang ponsel Samsung di Samsung Developer Conference (SDC), pada November 2018. Namun, versi finalnya tidak akan ada di sana," kata sumber tersebut.

Samsung Developer Conference akan digelar pada 7 dan 8 November 2018 di San Francisco, Amerika Serikat (AS). Kemungkinan ada satu smartphone yang diumumkan di sana.

Samsung sendiri sejauh ini enggan memberikan pernyataan resmi tentang smartphone lipat tersebut. Produk Samsung ini diperkirakan akan menjadi smartphone lipat komersial pertama di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Waktu Peluncuran

Informasi tentang waktu peluncuran smartphone lipat Samsung belum begitu banyak beredar. Berdasarkan informasi yang ada, produk itu akan meluncur pada kuartal I 2019.

Samsung dilaporkan ingin memisahkan roadmap peluncuran produk-produk utamanya, sehingga ingin memberi jarak waktu peluncuran antara Galaxy S10 dan smartphone lipatnya.

Samsung tampaknya tidak ingin keduanya saling berebut pasar dan memberikan dampak negatif terhadap penjualan.

Galaxy S10 sebagai perangkat flagship diperkirakan akan meluncur pada akhir Januari atau awal Februari, sedangkan smartphone lipat pada Maret 2018.

Menurut sejumlah laporan, perangkat lipat ini memiliki layar OLED 7 inci ketika sedang tidak dilipat. Kemudian ketika dilipat ukurannya menjadi 4,5 inci.

Adapun Samsung ingin menjadi pionir di pasar smartphone lipat, sehingga perusahaan berencana memamerkan perangkat tersebut lebih cepat dari waktu peluncuran.

Para vendor lain juga tengah mengeksplorasi peluang baru di pasar ini, termasuk Huawei, dan perangkat-perangkat serupa lainnya kemungkinan juga akan dirilis pada tahun depan.

3 dari 3 halaman

Strategi Baru Samsung

Kehadiran smartphone lipat Samsung ini dinilai sebagai upaya perusahaan menghidupkan kembali pertumbuhan divisi mobile. Penjualan smartphone Samsung turun 20 persen year-on year pada kuartal II 2018.

Persaingan di pasar smartphone masih terus berjalan dengan ketat. Apple dan Huawei kini merupakan dua pesaing berat Samsung.

Kehadiran smartphone yang bisa dilipat dinilai bisa membuat Samsung lebih unggul dari para kompetitornya, serta mendapatkan keuntungan berkat harga jual tinggi perangkat unik tersebut.

Selain kehadiran smartphone lipat, Samsung juga melakukan perubahan di lini smartphone lainnya. Koh pernah mengatakan kepada CNBC, bahwa perusahaan mengubah strateginya di pasar smartphone segmen menengah, yaitu mengemas perangkat harga lebih rendah dengan teknologi baru untuk menarik lebih banyak konsumen millenial.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.