Bukan Moto, Lenovo Kini Bersaudara dengan Lava Smartphone

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 02 Okt 2018, 17:00 WIB
Diperbarui 02 Okt 2018, 17:00 WIB
Lenovo K9

Liputan6.com, Jakarta - Sudah lama tak terdengar namanya, Lenovo akhirnya merilis smartphone terbaru di Indonesia, yakni Lenovo K9.

Meski mereknya Lenovo, smartphone ini tidak dirilis di bawah 'bendera' Lenovo Indonesia seperti sebelumnya.

Lenovo K9 di Indonesia, justru diproduksi dan didistribusikan oleh perusahaan distributor asal Tiongkok, Inone Smart Technology.

Inone sebenarnya bukan pemain baru di Indonesia. Perusahaan ini merupakan pemilik untuk merek smartphone Lava yang banyak dijual pasar Indonesia, khususnya kota-kota kecil hingga perdesaan di Tanah Air.

Dengan demikian, saat ini Lenovo dengan Lava menjadi kakak beradik. Padahal sebelumnya, Lenovo bersaudara dengan Motorola (di Indonesia dikenal dengan merk Moto) yang diakuisisi oleh Lenovo pada Oktober 2016.

Setelah akuisisi, merek smartphone Moto diproduksi dan dirilis di oleh Lenovo.

Khusus untuk perilisan di 24 negara di luar Tiongkok, Lenovo memang bekerja sama dengan Inone Smart Technology.

Hal ini dikemukakan oleh Digital and Marcomm Manager Inone Smart Technology Evan Angganantika usai peluncuran Lenovo K9 di Jakarta, Selasa (2/10/2018).

"Kami tidak memboyong smartphone Moto, karena secara global Inone hanya bekerja sama dengan Lenovo. Meskipun Lenovo dan Moto itu satu perusahaan, manajemen mereka berbeda dan yang bekerja sama dengan Inone hanya Lenovo," kata Evan.

Evan mengatakan, Lenovo merupakan klien dari Inone, meski begitu sebagai perusahaan, Inone tak hanya bergerak di bidang distributor tetapi juga manufaktur dan retail.

"Mereka (Lenovo) mempercayakan desain produk kepada kami, semua operasi dan produksi smartphone Lenovo di Indonesia mulai dari Lenovo K9 itu ada di kami," tuturnya.

Bahkan menurut Evan, kerjasama antara Lenovo dengan Inone akan berlangsung setidaknya hingga lima tahun ke depan.

 

 

2 dari 3 halaman

Produksi Lenovo oleh Inone

Lenovo
Peluncuran Lenovo K9 di Jakarta, Selasa (2/10/2018). (Liputan6.com/Jeko I.R.)

Sekadar diketahui, Lenovo K9 merupakan produk smartphone pertama Lenovo yang diproduksi oleh Inone melalui pabriknya yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Tidak hanya untuk memproduksi smartphone Lenovo, sebelumnya pabrik ini juga sudah dipakai untuk merakit smartphone Lava yang banyak dikenal di kota-kota tier 2 dan 3 di Indonesia.

Pabrik ini juga digunakan untuk memproduksi berbagai alat elektronik lain yang nantinya dijual di toko mandiri Inone, misalnya saja headset, earphone, bahkan jam pintar.

"Khusus untuk produksi, smartphone Lenovo yang diproduksi di pabrik kami di Cikarang mencapai 20.000 unit per bulan. Ditambah dengan smartphone Lava jadi sekitar 30.000 unit per bulan," katanya.

3 dari 3 halaman

Lenovo K9 Dibanderol Rp 2 Jutaan di Indonesia

Lenovo K9
Tampak depan smartphone Lenovo K9. Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani

Lenovo K9 yang diboyong ke Indonesia dibanderol seharga Rp 2,199 jutaan. Perangkat ini hadir dengan spesifikasi antara lain layar seluas 5,7 inci FullView dengan rasio aspek 18:9.

Menyoal kamera, Lenovo K9 punya empat kamera (kamera depan 13MP+5MP dan kamera selfie 13MP+5MP), serta bodi belakang dari bahan 2.5D glass.

Performa Lenovo K9 hadir disokong dengan chipset MediaTek 6762 (Helio P22) octa-core dengan kecepatan 2.0GHz.

Perangkat ini dibekali RAM 3GB dan memori internal 32GB yang bisa diperluas hingga 64GB.

Beralih ke fitur keamanan, Lenovo K9 dibekali fitur fingerprint scanner yang bisa membuka kunci dalam waktu 0,27 detik dan fitur pemindai wajah (facial recognition) yang dapat membuka kunci dalam waktu 0,93 detik.

Perangkat ini didukung dengan baterai berkapasitas 3.000mAh serta OS Android 8.1 (Oreo).

Perangkat ini dibanderol Rp 2,199 jutaan. Rencananya, Lenovo K9 akan dijual mulai 11 Oktober 2018 melalui metode penjualan flash sale di e-Commerce Shopee. Khusus pembelian di Shopee, Lenovo K9 dibanderol dengan harga spesial Rp 1,799 jutaan.

Pengguna Shopee juga berkesempatan untuk mendapatkan voucher potongan harga senilai Rp 200 ribu yang bisa diperoleh dengan membeli seharga Rp 50 ribu.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓