Sukses

Newbie di Instagram? Biar Enggak Bingung, Coba Pahami 7 Fitur Ini

Apabila kamu menjadi salah satu pengguna yang baru memakai Instagram, ada baiknya untuk tahu beberapa fitur berserta kegunaanya.

Liputan6.com, Jakarta - Tak berlebihan jika menyebut Instagram sebagai salah satu aplikasi mandatory (wajib) yang dimiliki pengguna smartphone.

Awalnya, Instagram merupakan platform media sosial berbagi foto, tetapi siapa sangka fungsinya kini sudah berkembang luas.

Banyak pengguna meramaikan Instagram dengan beragam aktivitas, seperti hobi fotografi, berbagi momen favorit, berbagi informasi, hingga berjualan online.

Nah, apabila kamu menjadi salah satu pengguna yang baru memakai Instagram, ada  baiknya untuk tahu beberapa fitur berserta kegunaanya.

Tekno Liputan6.com akan menjelaskan fitur Instagram bagi kamu newbie agar tidak bingung, berikut penjelasannya seperti dilansir Make Use Of, Senin (1/10/2018).

1. Bio

Biografi yang ada di Instagram kamu bisa menceritakan tentang siapa diri kamu. Kamu bisa menambahkan tulisan dengan emoji, link, dan juga tagar.

2. Instagram Stories

Fitur Instagram yang saat ini menjadi tren adalah Stories.  Di Instagram Stories, kamu bisa berbagi foto atau video disertai lokasi, menge-tag teman, memasang tagar, waktu, pertanyaan, polling, update kondisi cuaca, dan pamer berbagai stiker GIF lucu.

Namun, Instagram Stories yang berdurasi 15 detik ini, akan hilang secara otomatis dalam waktu 24 jam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mention

Di Instagram Stories, kamu bisa me-mention nama akun Instagram temanmu. Apabila kamu ingin mention teman, kamu bisa memanfaatkan fitur ini dari dalam menu Instagram Stories.

4. Tag Friends and Location

Apabila kamu ingin mem-posting foto atau video, kamu bisa menandai tempat bahkan teman secara sekaligus. Fitur ini dijuluki dengan nama Tag.

5. Instagram Live

Salah satu fitur yang masih terbilang baru adalah siaran langsung Instagram Live. Fungsi dari Instagram Live sama seperti aplikasi Facebook Live dan Periscope. Asyiknya, pengguna bisa mengajak teman-teman untuk bisa bergabung ke dalam siaran langsung.

3 dari 3 halaman

6. IGTV

Instagram TV (IGTV) adalah fitur baru Instagram, di mana memungkinkan pengguna mengunggah  video dengan durasi lebih panjang. Bahkan, IGTV bisa disimpan di highlights profil Instagram kamu, sehingga tidak akan hilang meski sudah 24 jam.

7. Archive

Meski kamu sudah meng-upload Instagram Stories lebih dari 24 jam, kamu tak usah khawaitr kalau Stories akan hilang.

Mengapa? Pasalnya, Stories akan tetap muncul di arsip Instagram kamu. Caranya mudah, di profil Instagram kamu, beranjak ke ikon panah lingkaran di sudut atas kanan layar, dan klik ikon tersebut untuk beranjak ke fitur Archive.

(Vivi Hartini/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.