Google Images Bakal Tayangkan Keterangan Kredit Pemilik Foto

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 29 Sep 2018, 16:00 WIB
Ilustrasi Dogfooding

Liputan6.com, Jakarta - Google tak selalu punya hubungan yang baik dengan fotografer.

Kendati begitu, hari ini raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) ini mengumumkan sebuah hal kecil yang memungkinkan tiap gambar di Google Images dilengkapi dengan identitas si pemilik foto.

Google mengungkap, kini kreator dan metadata kredit dalam foto ditampilkan di Google Images.

Sebagaimana dikutip dari Venture Beat, Sabtu (29/6/2018), dalam beberapa minggu mendatang, Google juga akan menambahkan metadata hak cipta foto atau gambar.

Dengan demikian, pengunjung dapat mengetahui keterangan siapa fotografer dan siapa yang memiliki hak atas foto tersebut.

Sekadar diketahui, kreator adalah orang yang menjepret foto. Sementara, kreditnya bisa beberapa pihak termasuk pemegang hak cipta atau pemasok gambar.

Untuk mengakses informasi ini, pengguna hanya tinggal mengklik tiga titik yang ada di tiap gambar kemudian pilih opsi "image credits", dan sebuah pop-up box berisi informasi kredit foto akan muncul di layar.

Sekadar diketahui, dalam menghadirkan informasi ini, Google bermitra dengan dua organisasi yakni Center of the Picture Industry (CEPIC) yang mewakili 600 agen foto dan pustaka di 20 negara Eropa dan afiliasi di Amerika Utara dan Asia.

CEPIC memiliki anggota berbagai outlet berita, galeri seni, Getty Images, Reuters, dan Shutterstock.

2 of 3

Bekerja Sama dengan Banyak Pihak

Google
Kantor pusat Google di Mountain View. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Selain itu, CEPIC juga bekerja sama dengan IPTC (International Press Telecommunications Council), sebuah konsorsium standar yang terdiri beberapa kantor berita terbesar di dunia. Antara lain adalah BBC, Associated Press (AP), Agence France Presse (AFP), dan New York Times.

Tampaknya upaya yang dilakukan Google ini terkait dengan berbagai prostes dan kemarahan yang dilayangkan oleh kreator dan fotografer yang fotonya terpajang di Google Images tapi tidak mencantumkan sumbernya.

Hal ini terutama terjadi pada gambar dari sumber asli dengan format resolusi tinggi.

Beberapa tahun lalu, Getty mengajukan keluhan kepada Uni Eropa atas praktik tersebut. Namun awal tahun ini baik Getty dan Google mengumumkan kemitraan lisensi.

3 of 3

Panduan untuk Fotografer

Google
Logo Google. (Doc: Daily Express)

"Selain metadata foto, Google juga bekerja sama dengan CEPIC dan IPTC untuk membuat panduan yang lebih baik untuk fotografer, agen foto, dan penerbit dalam memasukkan informasi hak cipta dan atribusi dalam metadata gambar," demikian disebutkan dalam sebuah unggahan blog Google oleh Manajer Produk Google Ashutosh Agarwal.

Kabar ini muncul beberapa hari setelah Google mengungkap akan me-refresh sejumlah properti berbasis pencarian termasuk di antaranya Google Images untuk menempatkan penekanan yang lebih besar pada penempatan gambar, otoritas halaman web, dan keragaman konten.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by