Batu Nisan Kuburan Wanita Ini Berbentuk iPhone

Oleh Jeko I. R. pada 28 Sep 2018, 15:30 WIB
Diperbarui 30 Sep 2018, 15:13 WIB
iPhone

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang tak biasa dari prosesi pemakaman Rita Shameeva. Nisan kuburan wanita Rusia, yang mengembuskan napas terakhirnya di usia 25 tahun tersebut, mengusung bentuk yang janggal.

Ya, jika kamu sudah lihat pada foto di atas, batu nisan kuburan Rita menyerupai iPhone raksasa.

Dilansir Mirror, Jumat (28/9/2018), batu nisan ‘iPhone’ ini menampilkan foto Rita dalam warna hitam putih. Batu nisan itu berukuran sekitar lima kaki.

Tak tanggung-tanggung, bagian belakangnya juga menampilkan logo khas Apple lengkap dengan kamera utama dan beberapa tombol seperti tombol volume, power, dan SIM tray

Sang ayah, Rais Shameev, disebut-sebut yang memiliki ide untuk menghias nisan anaknya.

Namun, ia tidak berkomentar banyak soal alasan mengapa memilih iPhone sebagai nisan kuburan Rita. Rita pun sebetulnya tidak menggunakan iPhone semasa dia hidup.

“Aku pikir diriku tengah berhalusinasi, bagaimana bisa smartphone buatan Amerika tiba-tiba ada di kuburan Rusia, besar pula,” ujar salah satu pengunjung kuburan Nikolay Yevdokimov. 

Saat dihubungi Mirror, pemahat batu nisan Ilgam Galliulin juga menolak berbicara soal alasan mengapa memilih iPhone sebagai tema kuburan Rita. 

“Saya dan ayah saya hanya cuma menerima pesanan untuk membuat nisan, tetapi yang satu ini (nisan iPhone) memang tidak biasa,” ujarnya.

 

2 dari 3 halaman

Ups, iOS 12 Ternyata Sudah Bisa Di-jailbreak

iOS 12
iOS 12. (Foto: Apple)

Terlepas dari batu nisan iPhone tersebut, Apple sendiri baru saja merilis iPhone terbarunya, iPhone XS, XS Max, dan XR, bersamaan dengan sistem operasi iOS 12.

Lucunya, iOS 12 ternyata sudah bisa di-jailbreak. Ini artinya, sistem operasi teranyar besutan Apple untuk iPhone dan iPad itu bisa dikatakan tak sepenuhnya aman. 

Informasi iOS 12 sudah bisa di-jailbreak terkuak dari Pandora Labs, divisi keamanan siber Alibaba.

Hanya dalam kurang dari 24 jam setelah iOS 12 bergulir ke perangkat, Pandora Labs langsung mencoba untuk men-jailbreak iOS 12.

Uji jailbreak sistem operasi ini pun diperlihatkan dalam sebuah video yang bocor di media sosial Weibo.

Dari video tersebut, tim Pandora Labs sukses melakukan jailbreak kepada iOS 12 yang terpasang di perangkat iPhone X. 

Setelah di-jailbreak, software jailbreak iOS 12 mampu terinstal dan me-restart iPhone X. Saat menyala iPhone X yang sudah di-jailbreak memperlihatkan tulisan “Your phone is pwned”.

Meski demikian, tim Pandora Labs tidak mengungkap apakah jailbreak ini sudah bisa dilakukan oleh publik atau tidak. Apple sendiri belum memberikan komentar terkait jailbreak ini.

3 dari 3 halaman

Kamu Sudah Bisa Jajal iOS 12 di iPhone Lawas, Begini Caranya

iOS 12
iOS 12. (Foto: Mobile Syrup)

Meski iOS 12 baru akan meluncur bersamaan dengan iPhone XS, XS Max, dan XR pada 17 September nanti, sistem operasi terbaru itu kini justru sudah bisa dijajal di iPhone lawas.

Asyiknya lagi, iOS 12 yang sudah bisa dicicipi merupakan versi final alias Golden Master (GM).

Untuk bisa memperbarui sistem operasi iOS kamu ke iOS 12, pastikan kamu harus back up dokumen terlebih dahulu. 

Untuk back up, hubungkan perangkat iOS kamu ke iTunes, kemudian pilih opsi “Backup to this computer”, dan yang terakhir centang kotak untuk membuat cadangan terenkripsi. 

Adapun cara terbaik yang bisa dilakukan untuk update ke iOS 12 adalah via iTunes. Dilansir CNET, Jumat (14/9/2018), jika pengguna ingin memperbarui ke iOS 12 via jalur iCloud, backup iOS 11 nantinya akan tertimpa dengan iOS 12.

Selain lewat iTunes, kamu pun sebetulnya juga bisa memperbarui perangkat iOS ke via situs web Apple, caranya pergi ke beta.apple.com/sp/betaprogram.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓