Sukses

Lenovo Juga Akan Rilis Smartphone Layar Lipat Tahun Ini?

Dari informasi terbaru, Lenovo disebut akan masuk dalam daftar perusahaan yang menggarap smartphone layar lipat.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa perusahaan yang akan merilis smartphone layar lipat hingga sekarang masih diisi oleh Samsung dan Huawei. Kedua perusahaan itu memang disebut sebagai kandidat kuat vendor yang siap memperkenalkan smartphone dengan layar lipat.

Namun, dari laporan terbaru ternyata ada perusahaan lain yang ikut meramaikan. Dikutip dari Phone Arena, Jumat (28/9/2018), perusahaan yang dimaksud adalah Lenovo.

Informasi ini diketahui dari unggahan Lenovo di platform Weibo beberapa waktu lalu. Dalam unggahan itu ditampilkan smartphone berlayar sentuh yang dapat dilipat, mirip dengan smartwatch.

Tanpa ada informasi tambahan, perusahaan tersebut hanya meminta pengguna untuk bersabar menantikan informasi lebih lanjut. Berbekal unggahan itu, banyak pihak memprediksi Lenovo akan ikut meramaikan vendor smartphone lipat.

Sayangnya, belum ada informasi lain yang dapat diungkap. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman lebih lanjut dari Lenovo yang disebut akan dilakukan bulan depan.

Lenovo sendiri sebenarnya sudah tidak asing dengan konsep smartphone berlayar lipat. Pada Juni 2016, perusahaan sebenarnya sempat menampilkan konsep perangkat layar lipat meski masih sebatas purwarupa. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Huawei Diprediksi Jadi yang Pertama Rilis Smartphone Lipat

Menurut laporan baru, Huawei memang disebut-sebut akan menjadi yang pertama di dunia mengumumkan smartphone layar lipat, bukan Samsung seperti yang banyak diberitakan sebelumnya.

Dilansir Phone Arena, Huawei selangkah lebih maju dibandingkan Samsung soal pengembangan layar yang bisa dilipat. Perusahaan asal Tiongkok itu dilaporkan berencana mengumumkan smartphone tersebut pada November 2018.

Jika terbukti mengumumkan smartphone tersebut pada November, Huawei akan menyandang gelar sebagai perusahaan pertama yang merilis smartphone layar lipat. Di sisi lain, Samsung berencana mengumumkan smartphone serupa pada awal tahun depan.

Selain Huawei dan Samsung, masih ada sejumlah vendor lain yang dilaporkan tertarik menghadirkan smartphone dengan layar lipat. Salah satunya adalah Apple. Huawei, Samsung, dan Apple sendiri merupakan tiga vendor smartphone terbesar di dunia.

Adapun menurut sumber internal LG, Apple tengah menyiapkan purwarupa layar lipat. Namun sejauh ini belum ada konfirmasi tentang waktu peluncuran smartphone berlayar lipat tersebut.

3 dari 3 halaman

Oppo dan Xiaomi Siap Ramaikan Persaingan Smartphone Layar Lipat

Dilansir GSM Arena, Xiaomi dan Oppo juga dilaporkan sedang mencari mitra manufaktur untuk menyuplai layar lipat untuk produknya. Beberapa opsi antara lain BOE, Visionox dan LG Display.

Xiaomi disebut akan menjadi manufaktur pertama yang merilis smartphone fleksibel tak lama setelah produk itu diumumkan.

Kemudian, berbeda dengan strategi Samsung dan Huawei, Xiaomi pada tahap awal akan fokus di pasar Tiongkok agar bisa menyiasati harga smartphone kompetitor.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.