Sukses

Begini Cara Pakai Memoji, Fitur Baru yang Apple Rilis di iOS 12

Apa itu Memoji dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut adalah ulasan singkatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Apple pertama kali merilis fitur Face ID bersamaan dengan peluncuran iPhone X tahun lalu. Sejak itu, perusahaan meningkatkan fitur tersebut lewat pembaruan iOS.

Terkini, seluruh perangkat Apple yang memiliki kemampuan Face ID akan mendapatkan fitur baru yang diberi nama Memoji.

Seperti Animoji, pengguna iPhone X, iPhone XS, dan iPhone XS Max dapat menggunakan fitur baru dan menarik ini.

Apa itu Memoji dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut adalah ulasan singkatnya sebagaimana dilansir CNET, Rabu (26/9/2018).

Memoji?

Seperti disebutkan sebelumnya, Memoji adalah tipe baru Animoji, karakter animasi yang dibuat menggunakan kamera depan seri iPhone terbaru kini tampil lebih ekspresif.

Kamu pun dapat membuat Memoji agar tampak menyerupai kamu atau karakter yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harus Kreatif

iOS 12. (Foto: Apple)

Untuk membuat Memoji, kamu bisa menggunakan aplikasi Messages. Saat ngobrol di aplikasi, kamu bisa tap ikon Animoji, dan tap ikon "+".

Gulir layar ke kanan hinga menemukan menu Memoji. Setelah itu, kamu bisa mengustomisasi tampilan Memoji kamu, termasuk warna kulit, gaya rambut, bentuk kepala, mata, alis, hidung dan bibir, telinga, dan masih banyak lagi.

Tambahkan Rekaman Video

Tak hanya itu, kamu juga bisa merekam video Memoji bernyanyi dan berbicara dengan 30 detik; dan mengirimkannya ke lawan bicara.

3 dari 3 halaman

Apple Pamer Memoji

Peluncuran iPhone XS di Apple Event, California. Liputan6.com/Jeko I.R.

Perang antara kedua perusahaan teknologi besar Samsung dan Applejuga terjadi di ranah emoji.

Sebelumnya, Apple baru saja memperkenalkan emoji 3D bernama Animoji. Samsung pun membalasnya dengan meluncurkan emoji berkonsep serupa, AR Emoji. 

Seolah tak puas, raksasa teknologi asal Cupertino, Amerika Serikat (AS) ini pun meluncurkan emoji baru bernama Memoji. Lantas, apa bedanya Memoji dengan Animoji?

Dilansir 9to5Apple pada Selasa (5/6/2018), Memoji sekilas mirip dengan AR Emoji. Pengguna bisa meracik animasi emoji bergerak dari karakter sendiri. Bedanya, Apple di sini menghadirkan banyak opsi fitur untuk melakukan personalisasi karakter emoji yang dirancang.

Pengguna bisa dengan bebas mengubah emoji karakternya, tak sebatas warna kulit dan rambut. Pengguna dapat menambahkan beberapa aksesori tambahan, mulai dari kacamata, topi, dan lain sebagainya. Asyiknya lagi, Memoji bisa dipakai dalam panggilan video.

Memoji juga akan hadir dengan paket karakter-karakter lucu terbaru, mulai dari koala, T-Rex, hantu, hingga harimau.

Untuk diketahui, Memoji akan tersedia di iOS 12 yang baru saja diperkenalkan Apple di World Wide Developers Conference (WWDC) 2018.

(Vivi Hartini/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.