Sukses

5 Tips Memanfaatkan Twitter dalam Keadaan Darurat

Negara Asia menilai Twitter dan Twitter Lite sebagai platform yang cocok digunakan untuk berkomunikasi, mengakses berbagai informasi penting, dan upaya bantuan darurat.

Liputan6.com, Jakarta - Twitter bisa dikatakan menjadi platform media sosial yang akurat untuk dipercaya saat musibah berlangsung, sebut saja seperti bencana topan, banjir, gempa bumi, dan kebakaran yang baru-baru ini terjadi di Asia.

Karenanya, Twitter terus menghadirkan sarana untuk mengatasi solusi yang dialami secara real time.

Layanan ini juga memberikan informasi untuk setiap petugas, terkait area mana yang terlebih dahulu layak mendapatkan bantuan.

Sementara itu, sejumlah negara Asia juga menilai Twitter dan Twitter Lite sebagai platform yang cocok digunakan untuk berkomunikasi, mengakses berbagai informasi penting, dan upaya bantuan darurat.

Karenanya, Tekno Liputan6.com, akan memberikan tips kepada pengguna untuk memanfaatkan Twitter saat keadaan darurat berlangsung. Berikut caranya sebagaimana kami rangkum dari keterangan resmi Twitter Indonesia, Selasa (25/9/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cari Sumber Terpercaya Secara Real Time

Apabila mencari sumber seputar bencana atau dalam keadaan darurat secara update, carilah informasi dari media yang sudah diverifikasi dengan jelas.

3 dari 5 halaman

Gunakan Hashtag yang Sesuai

Salah satu cara mudah untuk menemukan informasi musibah atau bencana alam, adalah dengan hashtag atau tanda tagar.

Hal ini dibuktikan karena beberapa media, lembaga pemerintah, bahkan organisasi relawan telah memanfaatkan hashtag di Twitter.

Sekadar informasi, jangan mencari atau menggunakan tagar untuk topik yang tidak ada hubungannya dengan situasi bencana.

4 dari 5 halaman

Gunakan Twitter Lite

Dalam kondisi keadaan darurat atau musibah, pencarian informasi dan berkomunikasi dapat dilakukan dengan Twitter Lite.

Oleh karena itu, platform Twitter Lite bisa diakses secara cepat, dipakai secara offline, dan menghemat pemakaian data. Twitter Lite dapat diunduh melalui Google Play Store.

5 dari 5 halaman

Cara Lainnya

4. Tandai Media yang Bersangkutan

Apabila membutuhkan bantuan, jangan lupa untuk menandai media, pemerintah atau lembaga. Hal ini diupayakan agar cuitan dapat diketahui pihak–pihak yang bersangkutan.

5. Selalu Update Isu di Twitter Moments

Jika ingin tahu perkembangan isu tertentu yang populer dan ter-update, Twitter moments cocok untuk dipakai.

Pasalnya, setiap twit yang terkumpul sudah terakurasi. Sehingga, memperbarui Twitter Moments diperlukan untuk mengatahui informasi penting bencana alam atau keadaan darurat.

(Vivi Hartini/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.