Sukses

Pangsa Pasar Turun, Advan Tetap Pede Bersaing dengan Perusahaan Asing

Advan tidak terlalu ambil pusing dengan penurunan pangsa pasar smartphone, perusahaan sedang fokus agar lebih banyak konsumen mencari produknya.

Liputan6.com, Jakarta - Advan saat ini merupakan satu-satunya merek smartphone lokal di Tanah Air yang berada di posisi lima besar. Kendati digempur oleh deretan vendor global dan mengalami penurunan pangsa pasar, Advan tetap optimis dapat memikat konsumen.

Marketing Director Advan, Tjandra Lianto, mengungkapkan pihaknya tidak terlalu ambil pusing dengan penurunan pangsa pasar. Perusahaan lebih mengutamakan fokus agar lebih banyak konsumen mencari produknya.

“Kami lebih fokus agar bagaimana caranya komunitas itu mencari produk-produk kami. Oleh sebab itu, kami terus berusaha keras agar produk kami lebih dikenal oleh masyarakat,” tutur Tjandra saat ditemui dalam acara peluncuran Advan G3 di kawasan Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Berdasarkan data International Data Corporation (IDC), Advan merupakan vendor smartphone nomor lima di Indonesia dengan pangsa pasar 6 persen. Pangsa pasarnya turun dari 9 persen pada periode yang sama tahun lalu.

Dijelaskan Tjandra, Advan tengah memiliki serangkaian strategi agar tak kalah saing. Selain peningkatan kualitas produk, juga meningkatkan layanan purna jual dan konsisten mengkomunikasikan produknya melalui beragam kegiatan promosi.

“Kami hati-hati untuk mengeluarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Selain itu, kami juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan global, serta mendukung program dalam negeri seperti Asian Games kemarin,” ujarnya.

Adapun untuk kuartal III 2018, Tjandra memperkirakan tidak akan terjadi perubahan yang terlalu besar. Menurut dia, angkanya masih sama dengan kuartal II 2018.

“Untuk kuartal II, tidak akan terlalu berbeda. Kemungkinan masih berkisar angka yang sama,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gandeng Harman Kardon, Advan Rilis G3

Peluncuran Advan G3 di Jakarta, Jumat (21/9/2018). Liputan6.com/ Andina Librianty

Lebih lanjut, Advan baru saja merilis smartphone baru, G3. Perangkat ini merupakan hasil kolaborasi Advan dengan produsen peralatan audio terkemuka, Harman Kardon.

Sentuhan Harman Kardon pada G3 terletak pada dua speaker yang berada di sisi atas dan bawah smartphone tersebut. Kualitas speaker yang mumpuni, diklaim sebagai salah satu keunggulan Advan G3.

Diungkapkan Marketing Director Advan, Tjandra Lianto, kolaborasi dengan divisi Harman Internasional Industries merupakan anak perusahaan Samsung itu, merupakan bentuk komitmen Advan di pasar smartphone.

Persaingan yang semakin ketat di industri, membuat Advan harus terus berinovasi agar bisa memikat lebih banyak konsumen.

“Kami ingin tetap konsisten dengan perusahaan-perusahaan global, dan kali ini kami bekerja sama dengan Harman Kardon. Letak speaker-nya di G3 juga ideal, sehingga bisa menghasilkan suara yang sangat jelas,” ungkap Tjandra, dalam acara peluncuran G3 di kawasan Jakarta, Jumat (21/9/2018).

 

3 dari 3 halaman

Spesifikasi Advan G3

Peluncuran Advan G3 di Jakarta, Jumat (21/9/2018). Liputan6.com/ Andina Librianty

Advan G3 memiliki layar berukuran 5,9 inci dengan rasio aspek 18:9 dan dibalut material kaca di bagian belakang. Smartphone yang disokong prosesor octa-core MediaTek 6750 ini dilengkapi RAM 4GB, memori internal 64GB, kamera belakang 16 MP dan kamera depan 8MP.

Smartphone yang menjalankan Indonesia Operating System (IDOS) 7.2 itu berbasis pada OS Android Nougat. Kapasitas baterainya adalah 3.500mAh dan dilengkapi fast charging.

Selain itu, G3 juga dilengkapi fitur sensor sidik jari dan Face ID, serta sistem keamanan lain yakni Privacy System dan Anti Theft. Advan G3 juga sudah dibundel dengan earphone JBL.

Smartphone dual SIM ini akan dijual dengan harga Rp 2.999.000 secara flash sale pada Senin, 24 September 2018. Nantinya, Advan akan memberikan penawaran spesial kepada maksimal seribu mahasiswa dengan harga Rp 1.999.000.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.