Xiaomi Resmi Lepas Mi 8 Pro dan Mi 8 Lite, Apa Keunggulannya?

Oleh Agustinus Mario Damar pada 20 Sep 2018, 06:30 WIB
Diperbarui 20 Sep 2018, 06:30 WIB
Xiaomi

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi menambah daftar smartphone dalam keluarga besar Mi 8. Hal itu dipastikan setelah perusahaan tersebut merilis Mi 8 Pro dan Mi 8 Lite dalam acara di Tiongkok yang digelar Rabu (19/9/2018) waktu setempat.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (20/9/2018), Mi 8 Pro merupakan perangkat premium dan disebut sebagai versi internasional dari Mi 8 Explorer. Smartphone ini hadir dengan pemindai sidik jari di layar dengan fitur face unlock berbasis infrared.

Smartphone ini hadir dengan opsi warna blue dan gold, selain ada model transparan seperti Mi 8 Explorer. Perangkat ini hadir dengan dua opsi RAM, yakni 6GB dan 8GB.

Mi 8 Pro memiliki layar 6,21 inci dan didukung chipset Snapdragon 845. Urusan fotografi diserahkan pada kamera utama berlensa ganda yang sama-sama beresolusi 12MP dan kamera depan 20MP.

Sementara Mi 8 Lite memiliki bentang layar 6,26 inci dan dibekali chipset Snapdragon 660. Memiliki baterai berkapasis 3.350mAh, smartphone ini memiliki kamera utama berlensa ganda dengan resolusi 12MP dan 5MP, ditambah kamera depan 24MP.

Xiaomi Mi 8 Lite (sumber: gsmarena)

Berbeda dari Mi 8 Pro, smartphone ini memiliki pemindai sidik jari standar yang terletak di belakang bodi. Mi 8 Lite hadir dalam dua pilihan warna gradien, yakni biru/ungu dan jingga/kuning.

Pre-order smartphone ini mulai dibuka pada 19 September 2018. Xiaomi membanderol Mi 8 Pro dengan harga mulai dari 3.200 yuan (Rp 6,9 juta), sedangkan Mi 8 Lite paling murah dijual 1.400 yuan (Rp 3 juta).

2 dari 3 halaman

Smartphone Pertama Xiaomi yang Pakai Notch

Xiaomi Mi 8
Xiaomi Mi 8. (Doc: MIUI Forum)

Xiaomi Mi 8 menjadi smartphone pertama Xiaomi yang pada layarnya terdapat notch.

Mengutip The Verge, Mi 8 hadir dengan layar OLED seluas 6,21 inci dari Samsung. Notch smartphone ini cukup besar dan di dalamnya terdapat kamera selfie 20MP.

Bodi smartphone ini hadir dengan panel belakang lengkung dan sebuah frame aluminium.

Soal dapur pacu, Mi 8 dibekali prosesor Snapdragon 845. Kemudian, dari segi fotografi, Mi 8 dibekali kamera utama dengan lensa ganda 12MP yang mendapat skor 105 pada DxOMark.

Xiaomi juga menyebut, ini merupakan smartphone pertama perusahaan yang didukung GPD dual frekuensi sehingga mampu menampilkan data lokasi yang lebih akurat.

3 dari 3 halaman

Mi 8 Explorer Edition

Xiaomi Mi 8
Xiaomi Mi 8 Explore Edition. (Doc: Xiaomi)

Selain Mi 8, Xiaomi juga memperkenalkan smartphone bernama Mi 8 Explorer Edition. Khusus tipe ini, terdapat sensor sidik jari di layar yang menggunakan sensitivitas tekanan untuk membuka kunci sidik jari.

Xiaomi juga mengklaim Mi 8 Explorer Edition merupakan smartphone Android pertama di dunia yang didukung dengan teknologi 3D face recognition. Teknologi ini mirip dengan teknologi Face ID milik iPhone X.

Tidak hanya itu, Mi 8 Explorer Edition juga didukung dengan fitur emoji yang mirip dengan Animoji.

Uniknya lagi, Mi 8 Explorer Edition hadir dengan panel bodi belakang transparan yang membuatnya jadi makin keren.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓