Sukses

Selain RAM, Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Smartphone

Nah, bagi kamu yang berniat ganti smartphone ke model terbaru, berikut adalah sejumlah fitur yang perlu dipertimbangkan saat beli smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Vendor smartphone berlomba-lomba merebut perhatian konsumen dengan merilis smartphone berfitur canggih, namun harga terjangkau.

Fitur-fitur yang dimaksud antara lain mulai dari kamera ganda, layar bezeless, baterai berkapasitas besar, hingga urusan teknologi pemrosesan yang memungkinkan smartphone tak cepat panas atau kuat buat main gim berat.

Melihat banyaknya model smartphone yang kini hadir di pasaran, konsumen pasti makin bingung hendak memilih yang mana.

Nah, bagi kamu yang berniat ganti smartphone ke model terbaru, berikut adalah sejumlah fitur baru yang perlu dipertimbangkan saat membeli smartphone, selain kapasitas RAM.

1. Layar Bezeless

Hampir semua smartphone yang dirilis akhir 2017 atau sepanjang tahun 2018 sudah mengusung konsep layar bezeless alias minim tepian. Dengan layar semacam ini, tak ada lagi tombol Home di bawah layar.

Dengan bodi smartphone kian lebar, rasio aspek layar pun dibuat lebih lebar hingga antara 18:9 dan ada pula yang 19:9.

Tidak hanya itu, fingerprint pun disematkan di bodi belakang, bahkan ada juga smartphone yang mulai menghadirkan panel fingerprint di layar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Fitur Keamanan Face Unlock

Fitur lain yang juga sedang banyak diterapkan pada sebuah smartphone adalah fitur keamanan pemindai wajah atau face unlock.

Fitur ini memanfaatkan kamera selfie untuk mengenali penggunanya. Dengan fitur face unlock ini, pembukaan kunci smartphone bisa lebih mudah, cepat, dan tanpa perlu sapuan tangan penggunanya.

3. Bodi dan Desain

Apakah kamu memperhatikan tampilan bodi, desain, dan warna smartphone kini lebih cantik dibandingkan sebelumnya? Nah, faktor ini bisa jadi salah satu hal yang kamu perhatikan saat memilih smartphone.

Saat ini sudah cukup banyak vendor yang menggunakan warna-warna gradasi yang berkilau jika terkena cahaya matahari. Bodi smartphone juga sudah ada yang dilapisi kaca sehingga makin cantik.

Ada juga vendor yang menggunakan material kaca untuk membalut smartphone.

3 dari 4 halaman

4. Kapasitas Memori dan Baterai

Tidak hanya RAM, kapasitas memori dan baterai bisa jadi acuan untuk membeli smartphone.

Khusus kapasitas memori internal misalnya, banyak smartphone terjangkau yang didukung dengan memori cukup besar. Nah, pengguna mulai membutuhkan kapasitas memori internal besar, terutama karena banyak aplikasi yang diunduh dan aplikasi-aplikasi tersebut membutuhkan ruang penyimpanan.

Nah, kalau memori smartphone kamu kecil, bakal susah untuk memiliki banyak aplikasi atau file.

Begitu juga dengan kapasitas baterai besar. Kini, baterai besar tidak hanya ada di perangkat flagship. Buktinya sejumlah vendor mulai menghadirkan smartphone dengan kapasitas baterai besar.

Untuk tahun 2018, smartphone dengan kapasitas baterai di atas 3.000mAh kini menjadi standar smartphone yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari.

4 dari 4 halaman

5. Kamera

Fitur kamera kini jadi salah satu pertimbangan utama orang membeli smartphone. Saat ini, banyak vendor yang telah membekali perangkatnya dengan kamera ganda, tak terkecuali untuk smartphone dengan harga terjangkau.

Nah, kamu bisa memilih untuk memiliki smartphone dengan kamera ganda, entah di bagian depan atau bagian belakangnya.

Penyuka selfie, bisa memilih smartphone yang dibekali kamera ganda di bagian depan yang dilengkapi dengan berbagai fitur beautify dan lain-lain. Sementara mereka yang suka mengunggah konten-konten di Instagram atau media sosial bisa memilih smartphone dengan kamera ganda di bodi belakangnya.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.