Sukses

3 Cara Atasi Pemindai Sidik Jari Bermasalah di Smartphone Android

Pemindai sidik jari bermasalah? Simak solusinya di artikel bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini fitur pemindai sidik jari sudah menjadi fitur wajib yang ada di smartphone Android. Mulai dari perangkat satu jutaan hingga puluhan juta, fitur keamanan ini dapat dengan mudah ditemukan.

Kehadiran fitur ini tidak lepas dari keamanan yang ditawarkan sidik jari, mengingat pola tiap-tiap orang berbeda. Karenanya, meski fitur face unlock mulai diadopsi banyak vendor, fitur keamanan berbasis sidik jari masih jadi pilihan.

Kendati demikian, bukan berarti fitur ini tanpa masalah. Oleh sebab itu, ada beberapa cara untuk mengatasi fitur pemindai sidik jari yang tidak bisa digunakan. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Daftarkan Lebih dari Satu Jari

Langkah ini memang sederhana, tapi dapat membantu kamu saat smartphone tidak dapat membaca satu sidik jari. Terlebih, hampir seluruh smartphone Android memungkinkan untuk mendaftarkan lebih dari satu sidik jari.

Pertama, tentu kamu harus mendaftarkan sidik jari yang biasa digunakan untuk membuka smartphone. Sebagai tambahan, gunakan sidik jari lain yang dirasa paling mudah untuk menggapai sensor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Gunakan Jari dari Kedua Tangan

Perlu diingat, bahwa hindari penggunaan dua jari dari satu tangan yang sama. Oleh sebab itu, gunakan jari lain dari tangan yang berbeda sebagai data tambahan.

Cara ini juga dapat memudahkanmu saat memakai smartphone di tangan yang berbeda dari biasanya. Selain memudahkan saat pemindai sidik jari bermasalah, kamu dapat memakai smartphone lebih fleksibel.

3 dari 3 halaman

3. Tambahkan Jari Setelah Mandi

Cara ini memang sedikit berbeda tapi cukup ampuh untuk dipakai saat pemindai sidik jari bermasalah. Alasannya, dalam beberapa kondisi kamu akan mengakses sidik jari dalam saat keadaan basah, semisal habis mandi atau sedang berkeringat.

Dalam beberapa percobaan, kamu mungkin akan menemui kendala dan sidik jari susah terekam. Namun, dengan membersihkannya sebentar, biasanya kamu dapat langsung membuka perangkat kembali.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.