Sukses

Pengguna iPhone Wajib Tahu, Ini 5 Fitur Tersembunyi di iOS 12

Seperti diketahui, iOS 12 adalah sistem operasi terbaru Apple dengan keunggulan bisa mempercepat kemampuan perangkat Apple sampai dua kali lipat.

Liputan6.com, Jakarta - Apple juga langsung menggulirkan iOS 12 tak lama setelah mengumumkan iPhone XS, XS Max, dan XR beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, iOS 12 adalah sistem operasi terbaru Apple dengan keunggulan bisa mempercepat kemampuan perangkat Apple sampai dua kali lipat.

Dikutip dari CNET, Jumat (21/9/2018), bersamaan dengan peluncuran iOS 12, berikut ada beberapa fitur tersembunyi dari iOS 12 yang harus kamu coba untuk menjaga performa iPhone. Apa saja? Ini daftarnya.

1. More Battery Info

Di iOS 12, kamu bisa melihat penyebab baterai iPhone bisa mudah terkuras terkuras bisa melalui fitur ini.

Ada cara efektif untuk melihat penyebab baterai terkuras dengan aplikasi yang berjalan di background. 

Pertama, buka aplikasi pengaturan (settings) -> Battery. Setelahnya, kamu akan ditunjukkan informasi penggunaan baterai berdasarkan aplikasi background dalam bentuk grafik.

2. Alternate Appearance in Face ID

Untuk menjaga keamanan pada iPhone kamu, bisa menggunakann fitur pemindaian wajah alias Face ID.

Di iOS 12, kamu pun bisa membuat alternatif baru untuk Face ID. Caranya, klik settings -> Pilih ID wajah dan kode sandi -> tampilan alternatif. Sekadar informasi, apabila ingin menghapus Face ID, kamu perlu mengatur ulang Face ID kembali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Lainnya

3. Temporary Do Not Disturb

Fitur Do Not Disturb memang sudah muncul sejak iOS 7. Namun pada iOS 12, kamu bsia mengkustomisasi fitur ini dalam waktu yang diinginkan.

Caranya, buka control center dan tap ikon do not disturb -> lalu kustomisasi opsi Do Not Disturb.

4. Automatic OS Updates

Kamu bisa menginstal pembaruan secara otomatis di iOS 12 dan tanpa harus melakukannya secara manual. Caranya, buka opsi settings -> General -> Software updates -> Automatic Updates.

5. iPhone X Gesture on iPad

Fitur gestur sapuan pada iPhone X, bisa digunakan pada perangkat iPad terbaru. Ini artinya, pengguna tak lagi bisa mengakses control center lewat antarmuka multitasking. 

3 dari 3 halaman

Kamu Sudah Bisa Jajal iOS 12 di iPhone Lawas, Begini Caranya

Meski iOS 12 baru akan meluncur bersamaan dengan iPhone XS, XS Max, dan XR pada 17 September nanti, sistem operasi terbaru itu kini justru sudah bisa dijajal di iPhone lawas.

Asyiknya lagi, iOS 12 yang sudah bisa dicicipi merupakan versi final alias Golden Master (GM).

Untuk bisa memperbarui sistem operasi iOS kamu ke iOS 12, pastikan kamu harus back up dokumen terlebih dahulu. 

Untuk back up, hubungkan perangkat iOS kamu ke iTunes, kemudian pilih opsi “Backup to this computer”, dan yang terakhir centang kotak untuk membuat cadangan terenkripsi. 

Adapun cara terbaik yang bisa dilakukan untuk update ke iOS 12 adalah via iTunes. Dilansir CNET, Jumat (14/9/2018), jika pengguna ingin memperbarui ke iOS 12 via jalur iCloud, backup iOS 11 nantinya akan tertimpa dengan iOS 12.

Selain lewat iTunes, kamu pun sebetulnya juga bisa memperbarui perangkat iOS ke via situs web Apple, caranya pergi ke beta.apple.com/sp/betaprogram.

(Vivi Hartini/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.