Sukses

Ini Harga Resmi Canon EOS R di Indonesia

Canon EOS R akhirnya meluncur di Indonesia. Berapa harga resminya?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah resmi diperkenalkan awal bulan ini, PT Datascrip sebagai distributor tunggal Canon, akhirnya memperkenalkan Canon EOS R di Indonesia. Kamera ini merupakan produk mirrorless full-frame pertama dari Canon.

Menurut Canon Division Director PT Datascrip Merry Harun, kamera ini merupakan salah satu produk yang dinanti-nantikan publik, khususnya para fotografer profesional.

"Fotografer profesional itu membutuhkan perangkat yang mumpuni, karenanya EOS R berharap dapat berkontribusi terhadap karya fotografer untuk tampil di kancah internasional," tuturnya saat peluncuran EOS R di Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Canon EOS R dibekali dengan sensor CMOS 30,3 MP dan prosesor gambar DIGIC 8. Bersamaan dengan peluncuran kamera ini, Canon juga turut memperkenalkan empat seri lensa terbaru RF.

Adapun lensa RF tersebut adalah RF 50mm f/1.2L USM, RF 24-105mm f/4L IS USM, RF 28-70mm f/2L USM, dan RF 35mm f/1.8 IS SM. Lensa ini juga didukung dengan tiga jenis adaptor yang kompatibel untuk penggunaan lensa EF.

Kamera ini memiliki rentang ISO yang lebar, ISO 100-400.000. Tidak hanya itu, kamera ini juga sudah didukung dengan teknologi Dual Pixel CMOS AF untuk pencarian fokus yang lebih cepat.

Canon EOS R juga memiliki jendela electronic viewfinder (EVF) OLED hingga 3,69 juta titik. Sementara di bagian atasnya terdapat tombol pengaturan multifungsi berbasis sentuh-geser.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Digital Lens Optimizer

Pengguna juga dapat melakukan pengaturan lewat ring lensa RF, tanpa perlu melihat EVF lagi. Selain itu, EOS R juga merupakan kamera Canon pertama dengan fitur mode FV untuk pengaturan kecepatan rana, aperture, dan ISO secara fleksibel.

Canon bahkan menyertakan teknologi Digital Lens Optimizer untuk menyempurnakan hasil bidikan dengan koreksi difraction, aberration, dan peripheral illumination. Turut disertakan pula teknologi Dual Pixel RAW di kamera ini.

Rencananya, kamera ini dilepas untuk pasar Indonesia dengan harga Rp 39.999.000 (body only), sedangkan Canon EOS R yang dibundel dengan lensa RF 24-105mm f/4L IS USM dibanderol Rp 59.999.000.

Kamera ini dapat merekam video dalam UHD 4K pada 30p/25p. Fitur Canon Log juga disertakan dalam kamera ini membantu pengaturan kontras, detail, dan warna selama proses pascaproduksi.

Kehadiran kamera ini juga diakui sangat menarik oleh salah satu fotografer profesional Misbachul Munir. Menurutnya, EOS R sebagai kamera mirrorless memiliki ukuran yang lebih ringkas ketimbang DSLR.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.