Resmi Melenggang, Cek Spesifikasi iPhone XS, XS Max, dan XR di Sini

Oleh Jeko I. R. pada 13 Sep 2018, 08:00 WIB
Diperbarui 15 Sep 2018, 07:13 WIB
iPhone

Liputan6.com, Jakarta - Apple akhirnya telah mengungkap iPhone terbarunya, iPhone XS, XS Max, dan XR dalam gelaran Apple Event yang diadakan di Steve Jobs Theater, Apple Campus, Cupertino, Amerika Serikat (AS), Rabu pagi (12/9/2018) waktu setempat.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, iPhone X, trio iPhone terbaru ini bisa dikatakan hadir dengan pembaruan yang minim, terlebih dari soal desain.

Ketiganya nyaris identik dengan iPhone X, hadir dengan konsep bezeless edge-to-edge dan notch, serta kamera utama ganda yang tersusun vertikal.

Bedanya, iPhone XS dan XS Max dibalut dengan material stainless steel dan padanan kaca. Bentang layarnya pun tak sama, iPhone XS 5,8 inci, sedangkan iPhone XS Max lebih bongsor, yakni 6,5 inci.

Mereka juga mengadopsi panel OLED, yang Apple sebut dengan julukan keren Super Retina.

Sementara, iPhone XR hadir dengan panel LCD Liquid Retina dan ukuran layarnya 6,1 inci. Materialnya berbasis aluminium. Namun, ia hadir dengan satu kamera utama.

Apakah ada perbedaan lain yang kentara, khususnya dari segi jeroan? Yuk langsung saja simak spesifikasinya langsung sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari pernyataan Phill Schiller selaku SVP Worldwide Marketing Apple, dalam sesi keynotes-nya berikut ini.

 

2 of 3

Spesifikasi iPhone XS dan XS Max

iPhone
Peluncuran iPhone XS di Apple Event, California. Liputan6.com/Jeko I.R.

iPhone XS dan XS Max dipersenjatai dengan prosesor terbaru Apple dalam chip 7 nanometer, yakni A12 Bionic dengan teknologi cerdas Neural Engine.

Prosesor ini memiliki 6,9 miliar unit transistor, dengan CPU 6 inti. 

Schiller pun mengklaim performa A12 lebih kencang dibandingkan A11. Berkat A12, iPhone XS dan XS Max mampu memberikan kinerja terbaik bersamaan dengan fitur anyar iOS 12, seperti AR (Augmented Reality), Memoji, dan shortcut Siri. 

Pada sektor kapasitas penyimpanan, iPhone XS dan XS Max hadir dalam tiga varian memori internal: 64GB, 256GB, dan yang terbesar 512GB.

Untuk urusan daya, sayangnya Schiller tidak mengungkap besaran baterai pada iPhone XS dan XS Max.

Namun, ia membandingkan kalau performa daya iPhone XS lebih awet 30 menit ketimbang iPhone X, sedangkan iPhone XS Max lebih lama 90 menit daripada iPhone X.

iPhone XS Max, kata dia, juga hadir dengan dukungan Dual SIM khusus untuk wilayah Tiongkok.

Kamera

Dari segi kamera, lanjut Schiller, iPhone XS dan XS Max tetap mempertahankan kamera ganda sama halnya seperti iPhone X.

Namun, kamera pada iPhone ini memiliki kinerja lebih baik dan cerdas berkat teknologi Neural Engine dari prosesor A12.

Dua iPhone baru ini menghadirkan lensa wide-angle dengan resolusi 12MP dan flash True Tone yang lebih baik.

Adapun lensa berikutnya adalah lensa telephoto dengan resolusi 12MP. Keduanya sama-sama dilengkapi fitur Optical Image Stabilization (OIS) dan sensor terbaru. 

Untuk kamera selfie, iPhone XS dan XS Max dilengkapi dengan sistem kamera True Depth dengan sensor beresolusi 7MP. 

Adapun kamera iPhone XS dan XS Max dilengkapi dengan fitur terbaru bernama Smart HDR. 

Berkat fitur tersebut, pengguna bisa mengambil beberapa foto objek bergerak dengan zero shutter lag, dan prosesor A12 akan memproses objek untuk menghasilkan foto terbaik.

Peningkatan besar lain pada sektor kamera adalah kehadiran tool slider edit foto terbaru pada layar kamera yang memungkinkan pengguna mengubah aturan aperture secara langsung.

3 of 3

Spesifikasi iPhone XR

iPhone XR
Apple umumkan iPhone XR, iPhone terjangkau di gelaran Apple Event, Rabu (12/9/2018). (Foto: Apple)

Jika iPhone XS dan XS Max hadir dengan fitur 3D Touch, iPhone XR justru tidak mengadopsinya. Sebagai ganti, smartphone ini dilengkapi dengan fitur Haptic Touch, yakni fitur yang hadir pada trackpad MacBook Pro.

Untuk dapur pacu, iPhone XR dipersenjatai dengan prosesor yang sama dengan iPhone XS dan XS Max, yakni A12 Bionic berteknologi Neural Engine generasi terbaru.

iPhone ini hadir dalam tiga varian kapasitas internal, mulai dari 64GB, 128GB, dan 256GB. Ia juga hadir dengan fitur Dual SIM. 

Sementara untuk sektor kamera, iPhone XR hanya mengusung satu kamera utama, bukan kamera ganda seperti iPhone XS dan XS Max.

Lensa kamera utamanya memiliki resolusi 12MP dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS) dan sensor terbaru.

Meski cuma satu kamera utama, Schiller mengungkapkan kalau iPhone XR mampu melakukan fitur Portrait Mode seperti yang ada pada kamera ganda di iPhone X.

Tak lupa fitur Smart HDR yang ada di iPhone XS dan XS Max hadir di sini, bersamaan dengan peningkatan fitur Portrait Mode dengan Depth Control, serta fitur Advanced Bokeh.

Adapun kamera selfie iPhone XS tidak disebutkan berapa besaran resolusinya. Schiller cuma mengungkap kamera selfie smartphone ini tetap diperkaya dengan fitur True Depth, serta hadir dengan fitur Face ID.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by