5 Tips Memotret ala Fotografer Profesional Pakai Kamera Smartphone

Oleh Liputan6.com pada 13 Sep 2018, 07:00 WIB
Diperbarui 15 Sep 2018, 06:13 WIB
Samsung Galaxy Note 9

Liputan6.com, Jakarta - Peningkatan spesifikasi pada kamera dalam memotret kini bisa dinikmati oleh pengguna smartphone. Pasalnya, fitur-fitur yang disediakan di kamera smartphone kini semakin canggih dan berkualitas.

Meski demikian, di balik kecanggihan teknologi tetap dibutuhkan keterampilan untuk bisa menciptakan kualitas foto tetap baik.

Untuk itu, tim Tekno Liputan6.com memberikan lima tips mudah untuk memotret dengan kamera smartphone yang berkualitas dan profesional, sebagaimana dikutip dari laman Techspot, Kamis (13/9/2018).

1. Ketahui Mode Otomatis di Smartphone

Kamera smartphone (techreviewer.co.uk)

Sebelum mengambil gambar, pastikan kamu mengetahui posisi mode otomatis di smartphone. Ketahui juga cara mengatur ISO yang disesuaikan dengan ketepatan dalam mengambil foto. Dengan cara seperti ini, pengaturan default bisa saja tidak digunakan.

2 of 3

2. Gunakan Dua Tangan

Ilustrasi smartphone, kamera smartphone
Ilustrasi smartphone, kamera smartphone

Salah satu trik yang mudah untuk memotret foto agar tetap stabil adalah dengan menggunakan dua tangan.

Bila ingin menghasilkan foto yang sempurna, cara lain yang dapat dilakukan dengan memasang tripod di smartphone untuk mengurangi blur.

3. Hindari Zoom Digital

Banyak smartphone, termasuk iPhone X dan Samsung Galaxy Note 9, memiliki kamera dengan zoom optik 2x. Tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak boleh menggunakan fitur tersebut, karena mereka menyediakan zoom optik tanpa mengurangi kualitas gambar.

Yang tidak disarankan adalah pengambilan gambar dengan zoom digital. Ketika kamu pinch atau menggeser layar untuk melakukan zoom digital, smatphone hanya memperbesar gambar dan kualitas gambar akan menurun (terlihat pecah).

 

3 of 3

4. Ambil Beberapa Foto

Kamera Smartphone
Memotret dengan kamera smartphone (appwrap.org)

Bila tidak merasa puas mengambil satu bidikan, ada baiknya untuk mengambil beberapa foto secara runtun. Apalagi bila objek yang di foto bergerak cepat, ada baiknya mengambil secara berulang kali.

Cara ini dilakukan agar setelah pengambilan beberapa foto dapat memilah yang terbaik.

5. Edit

Tahapan terakhir setelah pengambilan foto dilakukan adalah melakukan proses pengeditan. Dalam pengeditan dapat mencerahkan foto atau bahkan menggunakan aplikasi edit foto sesuai yang diinginkan.

(Vivi Hartini/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓