Sukses

Samsung Tak Sengaja Ungkap Keberadaan Nokia 9

Dalam situs resmi Samsung, Nokia 9 menjadi smartphone yang masuk dalam opsi trade-in.

Liputan6.com, Jakarta - Desas-desus mengenai kehadiran Nokia 9 sebenarnya sudah sempat diketahui di internet sejak beberapa bulan lalu. Namun, hingga saat ini belum ada informasi pasti mengenai perangkat tersebut.

Meski belum ada informasi pasti, Samsung ternyata sudah menyadari keberadaan smartphone ini. Entah disengaja atau tidak, Samsung menyertakan Nokia 9 dalam salah satu opsi trade-in bagi para konsumennya.

Dikutip dari Phone Arena, Rabu (12/9/2018), Samsung menyertakan Nokia 9 sebagai daftar perangkat yang dapat ditukar tambah dengan smartphone besutan perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Adapun kehadiran smartphone itu diketahui dari program yang digelar di situs Samsung Latvia dan Estonia. Hingga sekarang belum dapat diketahui mengapa Samsung menyertakan Nokia 9, mengingat perangkat itu sebenarnya belum dirilis.

Terlepas dari hal tersebut, sebenarnya pola smartphone Nokia memang mudah ditebakl, sehingga dapat diprediksi nama dari model selanjutnya. Kendati demikian, masih perlu menunggu pengumuman resmi dari HMD Global terkait kehadiran smartphone ini.

Sekadar informasi, Nokia 9 sendiri dipastikan masih akan menjadi model premium dari HMD Global untuk tahun ini. Perangkat ini akan memiliki kemampuan lebih baik ketimbang Nokia 8 Sirocco.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Nokia 9

Smartphone ini disebut akan memiliki layar 5,7 inci. Selain Nokia 9, sumber itu juga mengungkapkan perusahaan sedang menyiapkan Nokia 8 Pro yang hadir dengan layar 5,5 inci.

Untuk Nokia 9, rumor yang paling menarik adalah dukungan modul kamera penta-lens. Selain itu, Nokia 9 juga digadang-gadang akan menjadi perangkat pertama HMD dengan pemindai sidik jari di layar.

Menurut kabar yang beredar, Nokia 9 juga memiliki perbedaan signifikan dengan Nokia 8 Sirocco yang dirilis HMD Global di konferensi Mobile World Congress (MWC) 2018.

Di antara berbagai spesifikasi lainnya, Nokia 9 kemungkinan punya layar lengkung edge-to-edge seperti milik Nokia 8 Sirocco. Kendati begitu, rasio aspeknya sebesar 18:9.

3 dari 3 halaman

Nokia 8 Sirocco

Sebelumnya, HMD Global baru saja merilis flagship smartphone terbaru dari Nokia, yakni Nokia 8 Sirocco.

Ya, penerus dari Nokia 8 ini bukanlah Nokia 9. Nokia 8 Sirocco sendiri mengambil konsep dari ponsel lawas Nokia 8800 Sirocco. Nama tersebut terinspirasi dari angin Mediterania yang datang dari Gurun Sahara.

Salah satu fitur unggulan Nokia 8 Sirocco adalah desainnya yang cantik nan menawan. Bodi dari smartphone ini dibalut dengan kaca 3D melengkung yang dilapisi Gorilla Glass 5 pada bagian depan dan belakang.

Tak cuma itu, Nokia juga mengumumkan smartphone teranyarnya tersebut masuk ke label Android One.

Nokia 8 Sirocco sendiri memiliki bentang layar 5,5 inci dengan panel POLED. Untuk spesifikasi, tentu smartphone ini ditopang dengan prosesor kelas atas, yakni Qualcomm Snapdragon 835 dan RAM 6GB. Untuk urusan memori internal, ia disokong dengan kapasitas 128GB.

Nokia sendiri membanderol smartphone ini dengan harga yang cukup tinggi, yakni 739 euro atau setara dengan Rp 12,6 juta. Wajar saja mengingat Nokia 8 Sirocco hadir dengan desain super premium dan spesifikasi gahar.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.