Sukses

Alami Kecelakaan di Bali, Dua Turis Asing Selamat Berkat Unggahan Facebook

Dua orang turis asing menggunakan Facebook untuk menuntun tim penyelamat yang membantu keduanya dari insiden rem motor blong di Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Dua orang turis asing menggunakan Facebook untuk menyelamatkan diri dari insiden rem motor blong di Bali. Unggahan Facebook turis tersebut menuntun tim penyelamat untuk membantu keduanya.

Kedua wisatawan tersebut bernama Michael Lythcott dan Stacey Eno. Mereka tengah menaiki skuter, tapi rupanya rem skuter itu blong. Keduanya pun tidak bisa menghentikan motor dan jatuh di pinggir jalan.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari News Hub, Rabu (12/9/2018), saat itu kejadian berlangsung pada pukul 02.30 dini hari waktu setempat. Suasana sekitar pun sangat sepi, tidak ada yang melihat kecelakaan, padahal keduanya membutuhkan bantuan.

Kerena terluka dan tidak bisa bergerak, Lythcott mengunggah status di akun Facebook-nya, meminta bantuan kepada teman-temannya.

"Tolong. Butuh bantuan. Hubungi polisi," kata Lythcott.

Untungnya teman-teman Lythcott merespons permintaan bantuan itu dengan baik. Mereka lalu membagikan lokasi kecelakaan Lythcott.

Kemudian salah satu teman di Los Angeles bisa menggunakan peta digital dan menemukan, pasangan yang terluka itu ada di dekat sebuah air terjun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disambungkan ke Konsulat Indonesia

Sementara, temannya di Vancouver menghubungi pemerintah Indonesia. Segera setelahnya, perwakilan pemerintah berhasil menghubungi Lythcott.

"Saya mendapat telepon dari seorang pria bernama Joe dari konsulat Indonesia. Dia bilang, bantuan sudah dalam perjalanan, tapi terlebih dahulu perlu menemukan lokasi saya," kata Lythcott.

Lythcott mengatakan, ada sebuah hotel di dekat lokasinya. "Saya bilang, saya ada di sebelum hotel itu, lalu baterai smartphone saya habis," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Upaya Penyelamatan

Untungnya, tim penyelamat segera sampai dan menemukan pasangan itu. Keduanya pun diantarkan ke rumah sakit terdekat menggunakan truk.

Tangan Eno patah, beserta dengan tulang pipi, dan tulang hidungnya. Sementara, Lythcott mengalami retak di tulang tengkorak, patah pergelangan tangan, luka dalam, retak tulang rusuk dan tulang belakang, serta usus berlubang.

Pasangan ini kemudian mendapatkan bantuan yang diunggah di laman GoFundMe untuk membayar biaya medis. Lythcott mengumpulkan bantuan sebanyak USD 35 ribu dan Eno mendapatkan bantuan terkumpul USD 12 ribu.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.