Sukses

Jokowi Ternyata Luangkan Waktu Baca DM di Akun Media Sosialnya

Siapa sangka, ternyata Presiden Jokowi kerap menyempatkan diri untuk membaca pesan direct message di Instagram-nya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi dikenal sebagai salah satu pemimpin dunia yang aktif menyapa masyarakat lewat media sosial (medsos)

Orang nomor satu di Indonesia ini dikenal memiliki beberapa akun medsos, mulai dari Instagram, Twitter, hingga  Facebook.

Tidak hanya itu, ayah tiga anak ini juga kerap mengunggah vlog yang berisi kegiatannya sebagai presiden.

Jokowi juga terbilang cukup aktif di medsos. Melalui akun media sosialnya, orang nomor satu di Indonesia ini kerap mengunggah foto kegiatan kenegaraan yang dijalankannya.

Ribuan tanda likes dan komentar pun membanjiri posting-an di akun Instagram suami Iriana Joko Widodo ini.

Namun, ada hal yang cukup mengejutkan yang tidak banyak diketahui orang. Siapa sangka, ternyata Presiden Jokowi kerap menyempatkan diri untuk membaca pesan direct message di Instagram-nya.

Hal ini diungkapkan oleh Asisten Ajudan Presiden, Letnan Satu Teddy Indra Wijaya dalam sebuah video berjudul "Sang Asisten Ajudan Presiden" yang diunggah di saluran YouTube Presiden Joko Widodo, 5 September 2018.

Asisten Ajudan Presiden Jokowi, Inspektur Polisi Satu Syarif Muhammad Fitriansyah (kiridan Letnan Satu Teddy Indra Wijaya (Foto: Screenshot saluran YouTube Presiden Joko Widodo)

Menurut Lettu Teddy, kegiatan Presiden Jokowi membaca direct message (DM) yang masuk ke akun media sosialnya itu dilakukan setelah Jokowi selesai berkegiatan.

Lettu Teddy mengatakan, biasanya kalau Presiden Jokowi sudah selesai berkegiatan, ada beberapa hal yang dilakukan, antara lain menonton video di saluran berbagi video, membaca berita, atau menggunakan media sosialnya.

"Bacain pesan-pesan direct message yang dikirim masyarakat, itu Bapak baca loh, Mas," tutur Teddy yang merupakan alumni Akademi Militer angkatan 2011 itu.

Menurut Teddy, terkadang di sela-sela membaca pesan di media sosialnya, Presiden Jokowi juga mengecek keluhan dari masyarakat.

"Jadi kadang-kadang, 'oh ini, apa nih. Coba dicek, bener enggak keluhannya,'" kata Teddy, menirukan Presiden Jokowi yang meminta keluhan masyarakat dicek.

Hal serupa juga diamini oleh Asisten Ajudan Presiden dari kepolisian, yakni Inspektur Polisi Satu Syarif Muhammad Fitriansyah.

Dalam video yang sama, Syarif mengatakan, Presiden Jokowi merupakan seorang pendengar saat ada keluhan dari masyarakat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Presiden Jokowi Cek Hasil Foto

Presiden Jokowi yang sering melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah di Indonesia juga sering bertemu masyarakat.

Biasanya selain mendengarkan keluhan masyarakat, ayah Kaesang Pangarep ini sering diminta untuk foto bersama dengan masyakat.

Sudah sering bagi Syarif dan Teddy bertugas memotretkan saat ada yang meminta foto dengan Presiden Jokowi. Nah, ada satu hal menarik yang tak diketahui banyak orang.

Rupanya, Presiden Jokowi kerap mengecek hasil foto yang dibidik oleh Syarif maupun Teddy.

"Bagi rakyat kecil yang sudah jauh datang mungkin tiga kilo lima kilo, mereka minta foto dengan Presiden, kita fotokan. Lalu nanti Bapak ngecek, fotonya jelek, fotoya nge-blur, dibalikin lagi HP-nya ke saya. Saya fotoin lagi, sampai fotonya bagus," kata Syarif bercerita.

Tidak lupa, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih dan menyerahkan smartphone ke pemiliknya.

"Lalu bapak mengucapkan, 'nih, terima nih fotonya. Bagus.' Itu rakyat senangnya luar biasa. Menurut saya itu hal yang kecil tetapi luar biasa," kata Syarif.

3 dari 3 halaman

Foto Selfie dengan Iriana

Sebelumnya, ada hal lain yang menarik perhatian warganet sebelum pelaksanaan HUT RI ke-73 di Istana Merdeka, 17 Agustus 2018. 

Saat itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Jokowi tampil kompak berbusana daerah dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-73 di Istana Merdeka, Jakarta. Kekompakan juga mereka perlihatkan saat tertangkap kamera melakukan swafoto alias selfie.

Sebelum memasuki tempat upacara, Jokowi dan Iriana sempat berswafoto. Dari foto yang di dapat dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Jokowi tampak mengenakan pakaian adat Aceh. Sementara Iriana menggunakan pakaian adat Minangkabau.

Dalam foto itu, Jokowi dan Iriana tampak berdiri. Iriana tersenyum sambil memegang telepon genggam. Sementara Jokowi yang berada di sebelahnya juga tampak memandang kamera smartphone sambil tersenyum.

HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia hari ini kembali dimeriahkan dengan sejumlah penampilan yang berbeda. Presiden Joko Widodo dan para pengawalnya (Paspampres)  mengenakan busana adat dari berbagai daerah di Indonesia.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.