Asyik, Pengguna Skype Kini Bisa Rekam Panggilan Video

Oleh Liputan6.com pada 10 Sep 2018, 09:00 WIB
Diperbarui 12 Sep 2018, 08:13 WIB
Futuris (0)

Liputan6.com, Jakarta - Ada kabar baik bagi kamu yang sering menggunakan aplikasi chatting Skype. Kini, kamu dapat dapat merekam panggilan video melalui macOS, iOS dan Android. Fitur baru ini merupakan salah satu rangkaian pembaruan teranyar Skype versi 8.0.

Seperti dilansir CNET, Senin (10/9/2018), Microsoft selaku pemilik Skype menyebutkan bahwa fitur perekaman panggilan tersebut akan hadir di Windows 10 dalam beberapa minggu ke depan.

Untuk bisa memanfaatkan fitur ini, pengguna hanya perlu melakukan klik atau ketuk tombol '+', kemudian pilih opsi start recording atau mulai untuk merekam.

Saat langkah tersebut sudah dilakukan, akan muncul banner di bagian atas layar kalau video panggilan telah direkam. 

Namun, rekaman dalam panggilan video ini akan terlihat di layar semua orang selama panggilan berlangsung.

Selain merekam panggilan video di Skype, kamu  tidak perlu kuatir kalau rekaman tersebut akan hilang. Berikut cara untuk menyimpan dan membagikan rekaman Skype.

 

2 dari 3 halaman

Cara Simpan Rekaman Panggilan Video Skype

Microsoft Rilis Skype Messaging untuk Windows 10 Mobile?
Microsoft telah menutup aplikasi Skype versi modern di Juli lalu. Sebagai gantinya Skype Messaging dikabarkan hadir untuk Windows 10 Mobile

Di desktop komputer, buka rekaman, kemudian klik tombol triple-dot di kanan atas, dan pilih save to download.

Cara alternatif lain, kamu bisa klik kanan rekaman dalam obrolan kemudian klik save to download.

Apabila kamu ingin menyimpan rekaman di smartphone, klik dan tahan rekaman, kemudian klik simpan, dan rekaman akan otomatis tersimpan di galeri smartphone dalam format file MP4.

Rekaman panggilan video ini akan tersimpan di cloud dan muncul di ruang obrolan percakapan dalam waktu 30 hari.

Tak hanya itu, untuk berbagi rekaman panggilan video Skype, klik kanan (atau tahan rekaman kalau di smartphone), kemudian pilih teruskan.

Tahap selanjutnya, pilih kontak Skype yang ingin dibagikan dan tekan bagikan rekaman panggilan video Skype.     

3 dari 3 halaman

Tiongkok Hapus Aplikasi Skype dari Toko Aplikasi dan App Store

Skype
Skype (arstechnica.com)

Pada 2017, aplikasi komunikasi video call Skype ini hilang dari toko aplikasi dan Apple Store Tiongkok.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Mashable, Rabu (22/11/2017), Skype sudah hilang dari toko aplikasi selama sebulan ini.

Berdasarkan investigasi The New York Times, kemungkinan hilangnya Skype terkait dengan masalah privasi, komunikasi terenkripsi, dan kebebasan internet di Tiongkok.

Berdasarkan Undang-Undang Cyber Security baru Tiongkok yang diundangkan pada Juni 2017, pemerintah memiliki hak untuk menghapus aplikasi. Kemungkinan hal ini dilakukan untuk memutus akses ke berita-berita dan media sosial asing.

Saat ini Skype masih bisa berfungsi di Tiongkok. Kendati begitu, pengguna tidak bisa mengunduh aplikasi milik Microsoft tersebut di toko aplikasi.

Sayangnya, saat dimintai konfirmasi, baik pihak Microsoft maupun Apple sebagai pemilik toko aplikasi App Store belum memberikan komentarnya.

(Vivi Hartini/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓