Sukses

WhatsApp, Instagram, dan Facebook Sempat Down di Sejumlah Negara

Sejumlah pengguna di beberapa negara mengeluh tidak bisa mengakses WhatsApp, Instagram, Facebook, dan Messenger

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengguna di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat (AS), Inggris dan Eropa serta sebagian kawasan di Australia, mengeluh tidak bisa mengakses WhatsApp, Instagram, Facebook, dan Messenger beberapa saat lalu.

Mengutip laman News.com.au, sebagian pengguna di Amerika Selatan, Filipina, dan India juga merasakan hal serupa. Masalah teknis ini dilaporkan berlangsung sekitar satu jam.

Menurut situs Down Detector, Facebook dan Instagram down alias tumbang mulai sekitar pukul 04.00 WIB atau 7:00 AEST waktu setempat.

Peta Down Detector menunjukkan titik tumbangnya WhatsApp, Instagram, Facebook, dan Messenger di wilayah timur laut AS, serta beberapa bagian Eropa.

Selama layanan tumbang, beberapa pengguna mendapatkan pesan bertuliskan "Layanan Tidak Tersedia", sementara yang lain menerima pesan lebih panjang yang menuliskan layanan akan segera kembali online.

"Facebook sedang down untuk pemeliharaan yang dibutuhkan sekarang, tetapi Anda dapat kembali dalam beberapa menit. Terima kasih atas kesabaran Anda saat kami sedang memperbaiki layanan," demikian isi pesan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Facebook

Facebook pun mengakui hal tersebut dan mengatakan telah mengatasi masalah teknis itu.

"Masalah jaringan menyebabkan beberapa orang kesulitan mengakses atau mem-posting ke sejumlah layanan Facebook," kata juru bicara Facebook Jay Nancarrow dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip dari Global News.

“Kami dengan cepat menyelidiki dan mulai memulihkan akses. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," ujarnya menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Keluhan Warganet

Pantauan Tekno Liputan6.com, banyak warganet mengungkapkan kekesalannya lewat Twitter. Berikut ini kicauan mereka.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.