Sukses

Berusia 10 Tahun, Yuk Tilik Perjalanan Browser Google Chrome

Peramban milik Google, Chrome genap berusia 10 tahun, berikut adalah perkembangan Chrome dari browser biasa menjadi penguasa pangsa pasar.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna Google Chrome sudah tahu kalau hari ini adalah ulang tahun Chrome yang ke-10?

Pada 2008, Chrome mulanya dipasarkan sebagai peramban baru dan memulai debutnya dengan komik web dari Google untuk menandai browser (peramban) pertama milik perusahaan.

Seperti dikutip The Verge, Senin (3/9/2018), mulanya Chrome diluncurkan sebagai aplikasi beta untuk Windows, baru selanjutnya Chrome hadir di Linux dan MacOS pada 2009.

Chrome memulai debut di saat yang tepat, yakni saat pengembang dan pengguna internet mulai bosan dengan Internet Explorer dan Firefox.

Untuk menghadirkan Chrome, Google menggunakan komponen-komponen render engine WebKit Apple dan Mozilla Firefox. Selanjutnya perusahaan membuat seluruh source code Chrome bisa diakses publik sebagai projek Chromium.

Salah satu bagian signifikan saat Chrome pertama kali dirilis adalah ide tentang "sandboxing".

Fitur ini memungkinkan agar satu tab browser Chrome mengalami crash, tidak berdampak pada keseluruhan browser. Selain itu, anticrash ini juga meningkatkan kecepatan dan kestabilan Chrome secara umum.

Kini setelah satu dekade, Chrome mendominasi hampir seluruh pengguna internet. Chrome menguasai 60 persen pangsa pasar di desktop.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbagai Fitur Baru Mudahkan Pengguna

Para engineer Chrome pun terus memperbarui peramban ini dengan berbagai fitur baru yang memudahkan pengguna.

Chrome pun mulai berubah jadi lebih dari sekadar browser. Kini Chrome bisa dipakai di seluruh platform mulai dari Windows, MacOS, Linux, Android, bahkan iOS.

Kini Chrome juga memiliki OS Chrome, sebuah sistem operasi ringan Google untuk laptop dan tablet.

Meskipun belum sepenuhnya siap untuk tablet, Google telah menghadirkan aplikasi Android ke OS Chrome untuk menjadikan Chromebook dan tabletnya lebih bermanfaat.

3 dari 3 halaman

Masa Depan Chrome Kian Cerah

Dalam waktu dekat ini, aplikasi Linux lengkap bakal hadir di OS Chrome. Selain itu, peramban tersebut juga membantu mendorong aplikasi web progresif untuk membuat aplikasi web jadi lebih baik.

Sejauh ini, Chrome memang belum didesain ulang dengan tampilan berbeda, namun sejumlah pembaruan desain membuatnya jadi peramban yang jauh lebih baik.

Saat ini masa depan Chrome kian cerah. Bahkan peramban lainnya patut takut kepada Chrome lantaran para engineer di Google terus membuat Chrome lebih baik.

Dengan demikian, pengembang browser lain harus bersiap mengejar ketertinggalannya dari Chrome.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.