Sukses

Ingin Performa iPhone Lawas Ngebut? Yuk, Coba 9 Cara Ini

Coba lakukan sembilan (9) cara ini untuk mempercepat kinerja iPhone lawasmu.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahun, iPhone baru pasti dirilis. Tentu iPhone generasi teranyar ini dibanderol dengan harga tinggi yang sudah pasti bagi sebagian besar orang pikir "belinya tahun depan saja, kalau harganya turun".

Jika kamu belum merasa perlu untuk mengganti iPhone kamu dengan seri terbaru yang belum lama ini diperkenalkan, kamu masih tetap 'mengotak-atik' iPhone kamu agar performanya tidak kalah hebat dari seri terbaru iPhone.

Dikutip dari TIME, Senin (3/9/2018), berikut ini 9 tips untuk meningkatkan performa iPhone lama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pasang Ulang Aplikasi

1. Menghapus atau memasang ulang aplikasi yang memakan banyak ruang simpan

Pertama, jika kamu tidak terlalu sering menggunakan sebuah aplikasi, kamu dapat menghapusnya.

Dari seluruh aplikasi yang cukup sering kamu gunakan, mungkin ada antaranya yang memiliki banyak data yang sebetulnya tidak penting. Dengan membuka tab penggunaan (usage) dalam pengaturan umum (general settings), kamu dapat melihat, aplikasi mana yang paling sering kamu gunakan.

Tampak jelas bahwa aplikasi foto, musik, dan podcast memakan banyak ruang simpan.

Namun, ruang simpan yang dihabiskan oleh aplikasi, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram mungkin lebih banyak lagi.

Dari waktu ke waktu, iPhone kamu mungkin secara otomatis melakukan "pembersihan," yang mana tembolok (cache) dari sebuah aplikasi dihapus.

Kamu juga bisa proaktif membersihkan data yang tidak dibutuhkan. Menghapus dan kemudian memasang ulang aplikasi akan membuat iPhone kamu kembali bersih dan mengosongkan ruang simpan.

2. Menonaktifkan layanan lokasi untuk aplikasi yang tidak memerlukan GPS

Meskipun kamu bisa mengaktifkan fitur geotag untuk kicauan kamu di Twitter, menonaktifkan akses GPS untuk kebanyakan aplikasi dapat membantu daya baterai dan kecepatan iPhone kamu.

Di menu iPhone, Layanan Lokasi (Location Service) dapat ditemukan di pengaturan privasi, kamu dapat memilih aplikasi mana yang menggunakan GPS dan seberapa sering aplikasi itu digunakan.

GPS berguna untuk peta, aplikasi cuaca, dan aplikasi berbasis lokasi seperti Yelp. Tapi kamu mungkin tidak perlu mengizinkan Dropbox untuk mengetahui di mana kamu berada.

3. Mengurangi fitur animasi iOS seperti Parallax dan meningkatkan kontras

Versi terbaru iOS memiliki beberapa fitur menarik seperti Parallax, yang membuat pergeseran latar belakang iPhone saat kamu menggerakkan iPhone kamu.

Namun, fitur estetika ini tidak terlalu berguna. Mematikan fitur-fitur ini akan membebaskan sedikit daya pemrosesan dan memperpanjang daya baterai.

Cukup pergi ke panel aksesibilitas (accessibility) di pengaturan umum, pilih 'Kurangi Pergerakan' atau 'Reduce Motion'. Di menu yang sama, ada pilihan 'Tingkatkan Kontras atau "Increase Contrast' yang akan membawa kamu ke beberapa pilihan pengaturan grafis.

3 dari 4 halaman

Casing dan Background App Refresh

4. Ganti casing

Jika kamu salah satu dari orang-orang yang hanya 'sekadar ingin' mencicipi desain Jony Ive dari casing pihak ketiga, sebaiknya kamu menganggarkan lebih banyak uang. Membeli sebuah casing baru dan menggunakannya di iPhone kamu jauh lebih baik.

5. Membersihkan foto dan video

Kelemahan dari kamera seperti iPhone adalah gambar berkualitas tinggi yang ditangkapnya memenuhi hard drive secara cepat. Maka, rajin melakukan back up foto dan video, serta menghapusnya dari iPhone kamu adalah suatu keharusan, terutama video, karena video memakan banyak ruang.

6. Menonaktifkan 'Background App Refresh'

Jika kamu sering membuka banyak aplikasi dan tidak menutupnya lagi, aplikasi-aplikasi itu mungkin masih berjalan, bahkan meski kamu tidak menggunakannya. 

Sementara kamu bisa menutupnya satu per satu, lebih baik kamu menonaktifkan "Background App Refresh," yang dapat kamu temukan di pengaturan umum.

Akan tetapi, membiarkan sejumlah aplikasi tertentu berjalan di latar belakang, seperti Google Maps atau Spotify, juga sangat berguna.

Menonaktifkan penyegaran aplikasi memang tidak terlalu membuat perbedaan besar, tetapi untuk iPhone lama, ini patut dicoba.

4 dari 4 halaman

Pesan Teks Lama

7. Menghapus pesan teks lama

Meskipun tidak sama persis seperti menghapus dan memasang ulang sebuah aplikasi, kamu dapat menghapus pesan teks lama, yang mengambil sejumlah besar ruang penyimpanan pada iPhone kamu.

Jika kamu tidak ingin melakukan hal ini sendiri, kamu juga dapat mengatur agar pesan teks di iPhone kamu dihapus setelah 30 hari.

8. Melakukan restore

Jika kamu sudah mencoba segalanya, tapi ponsel lama kamu tetap tidak bertambah cepat, mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk mengembalikannya ke pengaturan pabrik (factory reset, restore). 

Restore ini kemungkinan akan menghilangkan sebagian besar keluhan yang kamu rasakan selama kamu menggunakan iPhone kamu.

Langkah ini akan benar-benar membersihkan, menghapus dan menyetel ulang hard drive dan RAM iPhone kamu. Namun, perlu diperhatikan, langkah ini tidak akan memperbaiki daya tahan baterai.

9. (Mungkin) Memperbarui ke iOS 12

Setelah sebelumnya diprotes keras karena dituding memperlambat iPhonelawas, sekarang Apple berjanji bakal mempercepat kinerja perangkat mereka lewat sistem operasi barunya, iOS 12.

Software Chief Apple Craig Federighi berkata, iOS 12 bisa melakukan tugas seperti membuka aplikasi dengan kecepatan dua kali lipat ketimbang iOS 11, demikian lansiran Reuters, Selasa (6/5/2018).

Pengumuman tersebut dibuat pada acara tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2018 yang dimulai pada Senin (4/6/2018) di San Jose, California, Amerika Serikat (AS).

Kabar baiknya lagi, iOS 12 bisa digunakan oleh beragam produk Apple yang dirilis sejak 2013. Beberapa perangkat yang meluncur pada 2013 seperti iPhone 5S.

 

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.