Sukses

Tak Butuh Joystick, Gim Ini Bisa Langsung Dimainkan Lewat Pikiran!

Agar gim ini dapat bekerja, perusahaan menggabungkan kacamata VR buatan HTC dan sensor Electroencephalogram (EEG) di tujuh titik tertentu di kepala.

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya, gim membutuhkan sebuah kontroler fisik untuk mengontrol para karakter utamanya. 

Namun belum lama ini, ada sebuah gim baru yang bisa dimainkan tanpa pengendali fisik tambahan. Tak perlu joystick atau gamepad, di gim ini kamu bisa menggerakkan dan berinteraksi dengan berbagai macam benda di dalam gim hanya melalui pikiran kamu!

Hal inilah yang sedang dikembangkan oleh startup kecil bernama Neurable.

Baru-baru ini, perusahaan rintisan Ramses Alcaide, seorang insinyur listrik dan ahli syaraf ini mengembangkan gim yang berjudul Awakening.

Agar gim ini dapat bekerja, perusahaan menggabungkan kacamata VR buatan HTC dan sensor Electroencephalogram (EEG) di tujuh titik tertentu di kepala.

Sensor ini akan berfungsi untuk membaca gelombang otak pengguna.

Sensor EEG membantu pengguna untuk melakukan aktivitas di dalam gim. Semisalnya saat ingin mengambil bola, pengguna harus fokus mengambil bola dengan pikiran.

Jika sudah fokus, nanti akan ada cahaya-cahaya kecil yang muncul. Bila cahayanya mengenai bola, artinya sensor sudah mengerti maksud kita untuk mengambil bola. Meski begitu, fitur ini masih dalam tahap pengembangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cukup Menjanjikan di Masa Depan

Meski terbilang baru, teknologi ini cukup menjanjikan di masa depan. Pasalnya, pemerintah Amerika Serikat dan beberapa perusahaan besar sedang menginvestasikan modal mereka untuk pengembangan teknologi semacam ini.

Bahkan Facebook sedang mencari cara untuk memanfaatkan VR dengan lebih canggih, seperti mengetik di smartphone melalui pikiran.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.