Sukses

Gandeng Cisco, Indosat Ooredoo Siap Dorong IoT dan Industry 4.0

Lewat kerja sama ini, Indosat Ooredoo memilih Cisco Control Center, sebuah automated IoT Connecitivty Management Platform untuk pelanggan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, Internet of Things (IoT) tak dimungkiri harus mulai diadopsi oleh pelaku bisnis di seluruh Indonesia. Alasannya, pemanfaatan IoT dapat menghadirkan keunggulan kompetitif dengan menghadirkan layanan koneksi baru untuk para pelanggannya.

Oleh sebab itu, Indosat Ooredeoo bersama Cisco menjalin kerja sama untuk menghadirkan layanan tersebut. Lewat kerja sama ini, Indosat Ooredoo memilih Cisco Control Center, sebuah automated IoT Connecitivty Management Platform untuk pelanggan.

Berbekal platfrom ini, pelanggan dapat meluncurkan, mengelola, dan memonetisasi layanan IoT secara global, terutama dalam penggunaan Industry 4.0.

Menurut Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Herfini Haryono, kolaborasi ini bertujuan untuk memperkuat platform IoT Hub Indosat Ooredoo, yakni IoT Connect.

"Melalui kolaborasi ini, kami ingin mendorong para pelanggan kami, mitra, dan juga komunitas pengembang aplikasi di setiap industri untuk berinovasi, memberikan layanan baru, dan mendapatkan aliran pendapatan baru," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima Rabu (29/8/2018).

Nantinya, kolaborasi ini akan menggabungkan jaringan seluler Indosat Ooredoo dengan platform IoT Cisco Control Center. Dengan Control Center, pelanggan Indosat Ooredoo dapat mengontrol biaya saat meningkatkan layanan IoT-nya.

Keputusan kerja sama ini tidak lepas dari melihat permintaan IoT yang cukup banyak di sejumlah industri. Salah satunya adalah kebutuhan Manufaktur & Industry 4.0 yang berperan untuk meningkatkan efisiensi dan keuntungan pabrik saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fungsi IoT di Berbagai Bidang

Selain itu, IoT juga dapat digunakan untuk kebutuhan di bidang transportasi dan logistik. Dengan tampilan lokasi real-time dan riwayat data komprehensif, platform Control Center membantu perusahaan membantu meningkatkan kinerja armada dan efisiensi bisnis.

Ada pula dukungan berupa Smart Meters. Berbekal gabungan infrastruktur Indosat Ooredoo dan platform IoT Cisco akan membantu menghadirkan layanan smart meter dan penyebaran smart grid yang lebih cepat ke pasar.

IoT juga mendukung keberadan Smart Cities. Kekuatan IoT dapat membuat kehidupan perkotaan lebih aman dan nyaman dengan pengelolaan limbah, sistem transportasi cerdas, solusi parkir yang terhubung, jaringan pasokan air, dan layanan lain.

Karenanya, perusahaan yang berada di jangkauan jaringan seluler Indosat Ooredoo akan mendapat manfaat dari Control Center. Tidak sekadar menyediakan visibilitas mendekati real-time dan kontrol layanan IoT seluruh Indonesia, perusahaan dapat memperluas layanannya ke seluruh dunia lebih mudah.

Control Center digunakan oleh lebih dari 50 penyedia layanan untuk mengelola perangkat IoT di lebih dari 550 jaringan seluler di seluruh dunia. Melalui layanan ini, pelaku bisnis dapat memberikan layanan IoT-nya ke negara lain.

"IoT Connect memberikan manfaat dari teknologi connectivity platform terkemuka di dunia dan mampu menangani pola sambung IoT yang besar, seperti NB-IoT untuk kualitas layanan, penyediaan yang mudah, dan keamanan dengan jangkauan lebih luas," tutur Group Head Business Marketing Indosat Ooredoo, Rangajaran Kalyanasundaram.

 

3 dari 3 halaman

Indosat Ooredoo Luncurkan Platform Khusus untuk IoT

Indosat Ooredoo lewat Indosat Ooredoo Business baru saja meluncurkan platform hub khusus untuk ekosistem Internet of Things (IoT). Platform tersebut diberi nama IoT Connect.

IoT Connect merupakan Connectivity Management Platform yang didukung Ericsson. Platform ini diklaim menjadi pertama di Asia Tenggara yang mampu meningkatkan keamanan lebih baik dengan bandwidth lebih tinggi untuk IoT seperti streaming. Data center platform ini pun ada di Indonesia.

Lebih lanjut, Iot Connect menyediakan layanan self-service berbasis situs web yang memungkinkan visualisasi, monitoring, dan kontrol kartu SIM yang dipasang di beberapa perangkat atau mesin, baik itu statis atau juga bergerak melalui jaringan secara real-time.

“Strategi Indosat Ooredoo Business sebagai preferred digital partner, kami wujudkan dengan inovasi dalam IoT Connect yang diluncurkan hari ini. Kami melihat market B2B khususnya IoT adalah potensi pertumbuhan bisnis besarbagi Indosat Ooredoo, pemanfaatan IoT akan memungkinkan transformasi digital menjadi nyata pada berbagai bidang," ujar Herfini Haryono, Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.