Sukses

Analis Prediksi PS5 Bakal Meluncur 2019

Analis dari perusahaan Jepang Ace Economic Research Institute Hideki Yasuda, memprediksi kalau PS5 bakal diumumkan Sony pada akhir 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Meski belum bisa dipastikan kapan melenggang, para analis industri gim sudah lebih dulu memprediksi PlayStation 5 (PS5) bakal meluncur dalam waktu dekat.

Dilansir Ubergizmo pada Senin (20/8/2018), analis dari perusahaan Jepang Ace Economic Research Institute Hideki Yasuda, memprediksi kalau PS5 bakal diumumkan Sony pada akhir 2019.

Menurut Yasuda, meski diumumkan pada akhir 2019, bukan berarti Sony akan langsung memasarkan konsol PlayStation generasi kelima tersebut pada periode itu.

Justru, Sony baru akan mengapalkan PS5 mulai awal 2020.

Sebelumnya diwartakan, PS5 bakal mengusung prosesor dan GPU (kartu grafis) yang dirancang secara khusus oleh AMD, yakni Zen dan Navi.

Sony memilih menggunakan prosesor dan kartu grafis baru besutan AMD untuk konsol generasi berikutnya tersebut.

Ini merupakan kedua kalinya Sony dikabarkan bakal menggunakan teknologi hardware terbaru milik AMD.

Kolaborasi Sony dengan AMD untuk GPU Navi memang sudah lama beredar di internet, atau lebih tepatnya semenjak Raja Koduri menjabat sebagai bos Radeon Technologies Group.

Laporan juga tidak menyebutkan secara detail apakah AMD akan merakit system-on-chip (SoC) khusus berbasis chipset Zen atau Sony akan menggunakan komponen lain untuk 'otak' konsol PS5 itu.

Hingga saat ini, masih belum juga diketahui apakah GPU yang terpasang di konsol PS5 akan terintegrasi atau terpisah.

Berhubung perusahaan asal Jepang tersebut masih belum buka suara, kecil kemungkinan PS5 akan muncul di pasaran dalam waktu dekat ini.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi PS5 Sempat Bocor

SemiAccurate sempat membocorkan informasi spesifikasi dari konsol besutan Sony tersebut.

Selain itu, ada pula prediksi yang menyebut PS5 akan diperkenalkan pada akhir tahun ini.

Namun, dari laporan terbaru, konsol anyar tersebut dilaporkan tak akan rilis dalam waktu dekat.

Seperti dikutip dari Kotaku, Kamis (12/4/2018), konsol itu kemungkinan tak akan rilis, setidaknya sampai 2020. Jika kabar ini benar, PS5 berarti akan rilis dalam kurun waktu lima tahun setelah PS4 diperkenalkan.

Sementara kabar dari sejumlah pengembang gim menyebut memang ada beberapa rencana soal kehadiran konsol baru Sony ini.

Sejumlah pengembang menyatakan konsol ini akan rilis pada 2019, tapi tak sedikit pula yang menyebut akan rilis di tahun ini. Mereka berujar ada kemungkinan rencana itu berubah tiap tahunnya.

3 dari 3 halaman

Sony Sebut Siklus Hidup PS4 Sudah Masuk Tahap Akhir

Sony baru saja mengungkapkan informasi penting seputar PlayStation 4 (PS4). Informasi ini diutarakan langsung oleh CEO dan President Sony Interactive Entertainment John (Tsuyoshi) Kodera saat Sony Investor Relations Day 2018.

Dikutip dari Game Spot, Rabu (23/5/2018), Kodera mengatakan PS4 kini sudah memasuki tahap akhir siklus hidupnya. Kendati demikian, bukan berarti, konsol tersebut akan berakhir dalam waktu dekat.

Menurut sejumlah analis, pernyataan Kodera itu merujuk pada kondisi terkini PS4 sebagai sebuah platform. Sebelumnya, Sony memang sempat menyebut pihaknya menurunkan target penjualan PS4 di 2018 dari tahun lalu.

Karena itu, Kodera disebut berupaya untuk menyesuaikan laporan dengan kondisi saat ini. Terlebih, platform ini memang dikenal sudah berumur cukup panjang, hampir setengah dekade.

Sekadar informasi, PS4 pertama kali diluncurkan pada 2013, sehingga wajar apabila Kodera menyebut konsol ini sudah hampir mencapai batas akhir siklus hidupnya. Data terbaru Sony mencatat konsol ini sudah terjual hingga 79 juta.

Meski pernyataan Kodera itu memancing reaksi beragam, keberlangsung PS4 dipastikan masih cukup lama. Hal itu dapat dilihat dari kedatangan sejumlah gim anyar yang siap meramaikan konsol itu.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga sempat membuat pernyataan menarik, Sony akan kembali berdiri tinggi pada Maret 2021.

Meski tak mengungkap maksudnya, sejumlah pihak berspekluasi tanggal itu akan menjadi lahirnya PlayStation 5.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.