Pengguna Pixel Keluhkan Android Pie Bikin Smartphone Lemot

Oleh Jeko I. R. pada 20 Agu 2018, 14:00 WIB
Diperbarui 22 Agu 2018, 13:13 WIB
Ponsel Google

Liputan6.com, Jakarta - Pembaruan sistem operasi Android Pie (9.0) memang sudah bergulir ke perangkat Google Pixel.

Android Pie sudah bisa dicicipi semua seri smartphone besutan Google tersebut, mulai dari Pixel, Pixel XL, Pixel 2, hingga Pixel 2 XL.

Namun sayang, performa Android Pie di smartphone Pixel nyatanya tidak semulus yang dibayangkan.

Beberapa pengguna Pixel mengaku setelah menginstal Android Pie, smartphone mereka tidak dapat berjalan dengan lancar--terlebih dalam kinerja daya.

Menurut informasi yang dilansir Ubergizmo pada Senin (20/8/2018), pengguna Pixel XL misalnya, mengeluhkan fitur pengisian daya supercepat tidak dapat bekerja dengan optimal setelah memperbarui perangkat mereka ke Android Pie.

Lain halnya dengan pengguna Pixel 2 XL. Mereka komplain kalau smartphone-nya mendadak lemot setelah meng-update ke Android Pie. Bahkan, menggunakan aplikasi secara multitasking pun terasa berat.

Salah seorang pengguna Pixel bernama Bintoro, juga mengakui hal yang sama. Kepada Tekno Liputan6.com, ia mengungkap smartphone Pixel generasi pertamanya menjadi panas dan lelet setelah update ke Android Pie.

"Parah ini panasnya. Sinyal internet via WiFi juga hilang terus. Gara-gara update ke Pie ini," ujar Bintoro.

2 of 3

Keluhan Pengguna Lain

Ponsel Google
Google perkenalkan dua ponsel terbarunya, Pixel 2 dan Pixel 2 XL dalam acara Google di SFJAZZ Center, San Francisco, California, Rabu (4/10). Google resmi luncurkan dua ponsel terbarunya yaitu Pixel 2 dan Pixel 2 XL. (AP Photo/Jeff Chiu)

Terganggunya kinerja perangkat Pixel akibat Android Pie juga diakui oleh vlogger teknologi Marqes Brownlee dan jurnalis Android Police Artem Russakovskii.

Dalam video terpisah, mereka juga memperlihatkan performa Pixel 2 XL milik mereka yang mendadak lemot.

Di videonya, Russakovskii mencoba membuka aplikasi Google Camera. Membuka aplikasi kamera tersebut bahkan membutuhkan waktu 10 detik sebelum akhirnya beralih ke layar baru.

Hingga berita ini tayang, Google belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait keluhan tersebut.

Perusahaan juga belum mengungkap solusi terbaik agar pengguna tidak mengalami masalah pada perangkatnya.

 

3 of 3

Android Pie Sambangi Pixel Lebih Dulu, Samsung dkk Kapan?

Android P
Android Pie. Liputan6.com/ Yuslianson

Google akhirnya mengumumkan sistem operasi terbarunya, Android P (9.0).

Perusahaan teknologi asal Negeri Paman Sam tersebut pun mengungkap nama resmi dari Android P, yakni Android Pie.

Pembaruan Android Pie juga sudah mulai digulirkan ke sejumlah perangkat pada hari ini, Selasa (7/8/2018).

Adapun smartphone pertama yang bakal mencicipi Android Pie adalah smartphone besutan Google, yakni Pixel. Mulai dari Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, hingga yang terbaru nanti: Pixel 3 dan Pixel 3 XL.

Lantas, kapan Android Pie akan hadir di smarthone Android non-Pixel lain? Menurut informasi yang dilansir laman Tech Radar pada Selasa (7/8/2018), Android Pie akan meluncur ke beberapa seri smartphone pada 21 Desember 2018.

Beberapa seri yang dimaksud adalah seri smartphone Android One dan beberapa seri smartphone, seperti OnePlus 6, Sony Xperia XZ2, Nokia 7 Plus, Oppo R15 Pro, Vivo X21, Vivo X21UD, dan Xiaomi Mi MIX 2s.

Lantas, selain smartphone di atas, smartphone seri Samsung, LG, dan beberapa lainnya akan mendapatkan Android Pie pada awal 2019.

Alasannya, beragamnya waktu peluncuran ini sudah biasa bagi pembaruan Android, khususnya di Amerika Serikat (AS), karena membutuhkan persetujuan operator seluler.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by