Warganet Meriahkan Pawai Obor Asian Games 2018

Oleh Andina Librianty pada 18 Agu 2018, 12:00 WIB
Diperbarui 18 Agu 2018, 12:00 WIB
Presiden Jokowi Keliling Istana Bawa Obor Asian Games 2018
Perbesar
Presiden Joko Widodo saat menyalakan api obor Asian Games 2018 sebelum upacara penurunan Bendera Merah Putih di Istana Negara Jakarta, Jumat (17/8). (Liputan6.com/Pool/Eko)

Liputan6.com, Jakarta - Obor Asian Games 2018 menjadi salah satu trending topic populer di Twitter.

Obor api abadi tersebut diarak secara estafet dari silang Monas menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno, pada hari ini, Sabtu (18/8/2018).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi pelari pertama yang membawa obor Asian Games dari atas panggung di Monas dan berlari sepanjang 100 meter.

Obor kemudian dibawa lari secara estafet oleh pejabat-pejabat lain. Dalam sambutannya, Anies mengaku bangga Jakarta bisa menjadi saksi sejarah Asian Games.

"Kita semua merasa bangga dan kita semua yang di Monas jadi saksi sejarah dan kita sambut bersama. Ini peristiwa yang tak mungkin kita alami dalam waktu dekat," kata Anies di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (18/8/2018).

Adapun Obor Asian Games pada hari ini, dibawa melalui Silang Monas Barat Daya - Silang Monas Tenggara - Jl. Medan Merdeka Selatan - Jl. MH Thamrin - Bundaran HI - Jl. Jenderal Sudirman - Berputar di Bundaran Senayan - Jl. Gatot Subroto - Jl. Palmerah Timur - Jl. Gelora - Jl. Gerbang Pemuda - Putar Balik di bawah flyover Gerbang Pemuda - dan masuk melalui Pintu 10 GBK Senayan.

Pantauan Tekno Liputan6.com, banyak warganet memeriahkan kirab obor Asian Games 2018 tersebut. Berikut beberapa cuitan terkait obor Asian Games 2018:

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2 dari 3 halaman

7 Fakta Upacara Pembukaan Asian Games 2018 (I)

Presiden Jokowi Keliling Istana Bawa Obor Asian Games 2018
Perbesar
Ketua Inasgoc Erick Thohir saat menyalakan api obor Asian Games 2018 ke Presiden Joko Widodo sebelum upacara penurunan Bendera Merah Putih di Istana Negara Jakarta, Jumat (17/8). (Liputan6.com/Pool/Eko)

Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Upacara pembukaan Asian Games ke-18 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (19/8/2018).

Rencananya, Asian Games 2018 akan dibuka dengan pertunjukan kolosal sebagai bukti kepada dunia bahwa Indonesia adalah sebuah bangsa yang besar dan mampu menyelenggarakan sebuah event berskala Internasional.

Bagaimana kira-kira keseruan pesta pembukaan Asian Games 2018 yang digadang-gadang akan ditonton miliaran penonton di seluruh dunia? Beriktu beberapa fakta tentang acara tersebut:

1. Dimeriahkan musisi kebanggaan Indonesia

Upacara pembukaan Asian Games akan dimeriahkan oleh para musisi kebanggaan Indonesia, termasuk Anggun yang namanya sudah terkenal di kancah internasional. Tidak ketinggalan Raisa, Tulus, Via Vallen, Ariel NOAH, Rossa, Rian D'Masiv, Cakra Khan, Rinni Wulandari, Wizzy, Edo Kondologit, Putri Ayu, Fatin, GAC, dan Kamasean.

2. Panggung spektakuler

Para bintang akan tampil di atas panggung spektakuler dengan ukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, serta tinggi 26 meter.

Panggung akan menampilkan pemandangan gunung yang besar dan dilengkapi dengan berbagai tumbuhan ciri khas Indonesia, dibuat secara manual oleh perajin asal Bandung dan Jakarta.

3. Penampilan ribuan penari

Sekitar 5.000 penari akan menambah semarak pesta pembukaan. Mereka akan menampilkan tarian dari arahan koreografer andal, Denny Malik dan Eko Supriyanto.

Penari diambil dari para pendaftar dan melibatkan ragam usia untuk ikut serta dalam ajang multicabang olahraga se-Asia.

4. Ratusan pemusik

Panggung spektakuler diramaikan oleh ratusan pemusik di bawah arahan Addie MS dan Ronald Steven, seniman musik yang sudah tak asing lagi di Indonesia.

3 dari 3 halaman

7 Fakta Upacara Pembukaan Asian Games 2018 (II)

Suporter Indonesia Merah-Putihkan Stadion Patriot Candrabhaga
Perbesar
Suporter Indonesia menampilkan koreografi bendera Merah Putih jelang menyaksikan laga Indonesia lawan Laos pada penyisihan Grup A Sepak Bola Asian Games 2018 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (17/8). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

5. Sosok di belakang layar

Pesta pembukaan Asian Games melibatkan sosok-sosok yang hebat di bidangnya, antara lain Wishnutama sebagai direktur kreatif, Ronald Steven dan Addie MS sebagai penata musik, Eko Supriyanto dan Denny Malik sebagai koreografer, Dynand Fariz dan Rinaldy Yunardi sebagai penata busana.

6. Tiket menonton

Tiket untuk upacara pembukaan dibanderol dengan harga Rp 750.000 sampai Rp 5 juta. Namun, masyarakat Indonesia juga dapat menyaksikannya di seluruh stasiun televisi nasional.

7. Atlet legendaris pembawa obor

Obor Asian Games yang sudah diarak di berbagai penjuru negeri akan dibawa ke SUGBK saat upacara pembukaan. Ada enam atlet legendaris yang akan menyalakan obor ke kalderon saat pembukaan, namun siapa saja mereka dan bagaimana prosesnya masih menjadi rahasia sebagai kejutan kepada masyarakat Indonesia.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓