Sukses

Bikin Takjub, 7 Gunung Berapi Raksasa Ini Ada di Luar Angkasa

Siapa bilang gunung berapi besar cuma ada di Bumi. Coba lihat tujuh (7) gunung berapi berikut. Mereka semua ada di luar angkasa!

Liputan6.com, Jakarta - Alam semesta begitu luar biasa besar, sehingga tak mengherankan jika ada gunung berapi di hampir setiap planet yang ada di Tata Surya. 

Semakin banyak waktu dihabiskan para astronom untuk melihat bintang-bintang, semakin besar pula kemungkinan mereka memperoleh penemuan yang menakjubkan.

Nah, berkat sokongan perangkat teknologi untuk mengamati planet-planet yang ada di luar angkasa, para astronom berhasil menemukan tujuh (7) gunung berapi raksasa yang ada di luar angkasa.

Beberapa atau hampir semua gunung ini mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya. Apa saja? Berikut daftarnya.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Olympus Mons

Olympus Mons di Mars memiliki tinggi hampir 25 km. Hal ini menjadikannya sebagai gunung berapi terbesar di seluruh Tata Surya. Bahkan, gunung ini tiga kali lebih tinggi daripada Gunung Everest.

3 dari 8 halaman

Pancake Domes

The Pancake Domes adalah beberapa dari 1.600 gunung berapi yang terletak di planet Venus.

Gunung berapi ini muncul dari dalam lava yang lengket, membentuk kubah yang dapat diisi dengan gas, basal, marmer, dan kuarsa.

4 dari 8 halaman

Enceladus

Garis-garis seperti harimau di Enceladus, salah satu bulan Saturnus, panjangnya mencapai 130 kilometer dan lebar 2 kilometer.

Punggungan semua berasal dari fraktur sentral di bulan. Semuanya itu adalah gunung berapi aktif atau string yang digabungkan menjadi satu.

5 dari 8 halaman

Illan Patera

Pillan Patera di Io, bulan Jupiter, tertutup di tempat gelap yang membentang dengan total 400km. 

Suhu lava di dalam gunung berapi dikatakan melebihi 1.700 derajat Celcius, membuatnya lebih panas dari apapun yang ditemukan di Bumi sepanjang zaman.

6 dari 8 halaman

Cryovolcanoes

Triton, bulan Neptunus, dikatakan memiliki ribuan pelabuhan vulkanik di permukaan dan banyak yang menembakkan semburan uap ke angkasa.

Letusannya cenderung terdiri dari uap beku yang dikombinasikan dengan "salju vulkanik" yang mencapai ribuan kilometer ke atmosfer bulan.

7 dari 8 halaman

Tupan Patera

Tupan Patera di Io sepenuhnya aktif. Ia berada di sepanjang belahan berlawanan Jupiter, dan terdiri dari kawah gunung berapi yang membentang 79 kilometer dengan kedalaman mengesankan, yaitu 900 meter.

Penelitian telah menunjukkan lava yang hangat dan gelap di kedua sisi kawah, dengan inti yang terbuat dari zat terang dan dingin yang tidak diketahui.

8 dari 8 halaman

Tharsis Montes

Tharsis Montes di Mars adalah salah satu daerah vulkanik terbesar di seluruh Mars. Luasnya sekitar 4.000 kilometer dan lebarnya 10 kilometer.

Secara total, ada 12 gunung berapi besar dalam satu wilayah ini. Yang terbesar adalah Pavonic Mons, Olympus Mons, dan Arsia Mons.

Reporter: Brilio

Sumber: Brilio.net

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.