Bikin Takjub, 7 Gunung Berapi Raksasa Ini Ada di Luar Angkasa

Oleh Liputan6.com pada 17 Agu 2018, 08:00 WIB
Diperbarui 19 Agu 2018, 07:13 WIB
Terungkap, 3 Bukti Terbaru Adanya Air di Luar Bumi

Liputan6.com, Jakarta - Alam semesta begitu luar biasa besar, sehingga tak mengherankan jika ada gunung berapi di hampir setiap planet yang ada di Tata Surya. 

Semakin banyak waktu dihabiskan para astronom untuk melihat bintang-bintang, semakin besar pula kemungkinan mereka memperoleh penemuan yang menakjubkan.

Nah, berkat sokongan perangkat teknologi untuk mengamati planet-planet yang ada di luar angkasa, para astronom berhasil menemukan tujuh (7) gunung berapi raksasa yang ada di luar angkasa.

Beberapa atau hampir semua gunung ini mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya. Apa saja? Berikut daftarnya.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2 dari 8 halaman

Olympus Mons

NASA Bakal Jadikan Mars Sebagai Objek Wisata Luar Angkasa
Ditemukannya air di Mars membuka peluang NASA untuk menjadikan Planet Merah tersebut sebagai objek wisata, apakah mungkin bisa terjadi?

Olympus Mons di Mars memiliki tinggi hampir 25 km. Hal ini menjadikannya sebagai gunung berapi terbesar di seluruh Tata Surya. Bahkan, gunung ini tiga kali lebih tinggi daripada Gunung Everest.

3 dari 8 halaman

Pancake Domes

NASA: Bumi Bisa Mati Seperti Planet Neraka Venus
Permukaan Venus yang panas (NASA)

The Pancake Domes adalah beberapa dari 1.600 gunung berapi yang terletak di planet Venus.

Gunung berapi ini muncul dari dalam lava yang lengket, membentuk kubah yang dapat diisi dengan gas, basal, marmer, dan kuarsa.

4 dari 8 halaman

Enceladus

Cassini Saturnus
Enceladus, salah satu bulan Saturnus (NASA/JPL/Space Science Institute)

Garis-garis seperti harimau di Enceladus, salah satu bulan Saturnus, panjangnya mencapai 130 kilometer dan lebar 2 kilometer.

Punggungan semua berasal dari fraktur sentral di bulan. Semuanya itu adalah gunung berapi aktif atau string yang digabungkan menjadi satu.

5 dari 8 halaman

Illan Patera

Potret Jupiter Terbaru
Potret Jupiter Terbaru. Dok: time.com

Pillan Patera di Io, bulan Jupiter, tertutup di tempat gelap yang membentang dengan total 400km. 

Suhu lava di dalam gunung berapi dikatakan melebihi 1.700 derajat Celcius, membuatnya lebih panas dari apapun yang ditemukan di Bumi sepanjang zaman.

6 dari 8 halaman

Cryovolcanoes

Triton, bulan Planet Neptunus
Triton, bulan Planet Neptunus (NASA)

Triton, bulan Neptunus, dikatakan memiliki ribuan pelabuhan vulkanik di permukaan dan banyak yang menembakkan semburan uap ke angkasa.

Letusannya cenderung terdiri dari uap beku yang dikombinasikan dengan "salju vulkanik" yang mencapai ribuan kilometer ke atmosfer bulan.

7 dari 8 halaman

Tupan Patera

Mencengangkan, Ada Gunung Raksasa di Bulan Planet Jupiter
Gunung raksasa di Planet Jupiter ini memiliki ketinggian 11 mil, lebih tinggi dari Mount Everest yang ketinggiannya hanya sebesar 5,5 mil.

Tupan Patera di Io sepenuhnya aktif. Ia berada di sepanjang belahan berlawanan Jupiter, dan terdiri dari kawah gunung berapi yang membentang 79 kilometer dengan kedalaman mengesankan, yaitu 900 meter.

Penelitian telah menunjukkan lava yang hangat dan gelap di kedua sisi kawah, dengan inti yang terbuat dari zat terang dan dingin yang tidak diketahui.

8 dari 8 halaman

Tharsis Montes

[Bintang] 31 Juli 2018, Planet Mars Berada di Jarak Terdekat dengan Bumi
Planet Mars semakin ‘mendekat’ ke Bumi pada bulan Julia tau tepatnya 31 Juli 2018. (Foto: soperth.com.au)

Tharsis Montes di Mars adalah salah satu daerah vulkanik terbesar di seluruh Mars. Luasnya sekitar 4.000 kilometer dan lebarnya 10 kilometer.

Secara total, ada 12 gunung berapi besar dalam satu wilayah ini. Yang terbesar adalah Pavonic Mons, Olympus Mons, dan Arsia Mons.

Reporter: Brilio

Sumber: Brilio.net

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓