Paket Unlimited Jadi Senjata Andalan Smartfren di Tahun Ini

Oleh Agustinus Mario Damar pada 16 Agu 2018, 11:00 WIB
Ilustrasi pengguna smartphone

Liputan6.com, Yogyakarta - Paket unlimited yang kembali diperkenalkan Smartfren tahun ini ternyata siap menjadi produk andalan operator tersebut. Hal ini diungkapkan oleh GM Prepaid Smartfren Ari Abdya saat bertemu di sela-sela media gathering Smartfren di Yogyakarta.

"Ekspektasi kami, paket unlimited itu menjadi senjata utama hingga akhir tahun, kami melihat sampai akhir tahun program ini masih akan dijalankan," tuturnya di Yogyakarta, Rabu (15/8/2018).

Untuk infomasi, sambutan paket unlimited terbilang positif. Hal itu terlihat dari kenaikan lalu lintas data hingga 19 persen per bulan yang berasal dari pengguna unlimited.

Di samping itu, Ari menuturkan potensi pengguna paket unlimited ini masih terbilang besar. Salah satu yang menjadi sasaran adalah generasi milenial yang saat ini kehidupannya tidak dapat dilepaskan dari internet.

Tak hanya itu, paket unlimited yang ditawarkan Smartfren dengan harga Rp 60 ribu ini dianggap sesuai dengan kebutuhan pengguna Indonesia. Berdasarkan survei yang digelar Jakpat pada 2017, mayoritas responden (59 persen), menyiapkan anggaran antara Rp 50 hingga 100 ribu untuk akses internet.

"Sebenarnya potensi pengguna unlimited itu besar banget. Targetnya hingga akhir tahun penggunanya bisa naik dua atau tiga kali lipat dari sekarang. Untuk sekarang pengguna unlimited menyumbang 10 persen layanan kami, setidaknya bisa mencapai 15 persen itu sudah bagus," tuturnya menjelaskan.

Terlebih, saat ini Smartfren sudah menerapkan open market handset. Dengan kata lain, layanan unlimited ini sebenarnya dapat dinikmati oleh lebih banyak perangkat yang memang sudah kompatibel.

"Berdasarkan data kami, 77 persen pengguna paket unlimited merupakan pengguna perangkat non-Andromax," ujar Ari.

Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa Smartfren sudah mulai lepas dari bayang-bayang predikat operator CDMA dan diakui sebagai operator 4G LTE. 

2 of 3

Jadi Paket Internet Unlimited Terbaik

Paket Super Unlimited 4G LTE Smartfren mulai Rp9.000/Foto: copyright vemale.com/Winda Carmelita
Paket Super Unlimited 4G LTE Smartfren mulai Rp9.000/Foto: copyright vemale.com/Winda Carmelita

Ari juga menuturkan, paket unlimited yang ditawarkan Smartfren merupakan yang terbaik saat ini. Alasannya, penawaran paket yang ditawarkan dengan banderol harga dianggap sudah lebih dari cukup.

"Dengan biaya Rp 60 ribu, pengguna mendapat fair usage policy (FUP) 1GB satu hari, kalau dihitung 30 hari, berarti 30GB. Padahal, untuk volume based kami, Rp 60 ribu itu mendapatkan paket 8GB," ujarnya menjelaskan.

Tidak hanya itu, FUP yang diberikan dapat dipakai untuk mengakses seluruh layanan maupun aplikasi, tanpa ada pembatasan. Kecepatan optimal yang disesuaikan dengan wilayah dan kondisi tertentu juga diberikan Smartfren selama belum melewati FUP.

"Kalau kita kan perhitungannya harian. Jadi, setiap satu hari akan direset dan kuota langsung kembali ke FUP harian, yakni 1GB," tutur Ari. Terlebih, kapasitas yang dimiliki Smartfren relatif belum padat, sehingga mampu mendukung layanan unlimited yang lebih baik.

Kendati demikian, dia tidak menampik bahwa paket unlimited ini belum tentu sesuai dengan semua pengguna, khususnya pengguna dengan konsumsi data besar. Oleh sebab itu, Smartfren memiliki opsi paket lain berbasis volume untuk pengguna dengan kebutuhan besar.

Selain itu, penawaran FUP sebesar 1GB per hari ternyata masih dirasa cukup bagi pengguna. Ari mengatakan hal itu terlihat dari penggunaan data rata-rata pengguna paket unlimited.

"Rata-rata penggunaan per bulan sekitar 20,13GB, sedangkan penggunaan per hari 670MB. Padahal, jika ditotal dengan FUP 1GB per hari, pengguna bisa memperoleh kuota 30GB. Jadi, 1GB itu dirasa cukup," tuturnya.

3 of 3

Paket Internet Unlimited dari Smartfren

Akses internet lewat smartphone
Menurut riset UCWeb, kebanyakan orang Indonesia mengonsumsi data hingga 500 MB (Ilustrasi)

Tidak hanya menyediakan paket unlimited dengan banderol Rp 60 ribu, Smartfren juga menyediakan paket serupa yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, yakni paket unlimited Rp 50 ribu dan paket unlimited Rp 100 ribu.

Untuk paket unlimited 50 ribu, Smartfren menawarkan askes internet tanpa FUP dengan kecepatan mencapai 512Kbps. Sementara paket unlimited 100 ribu, layanan yang didapatkan mirip dengan yang ada saat ini, tapi FUP lebih besar, yakni 1,5GB.

"Bagi pengguna yang merasa kurang dan membutuhkan kecepatan optimal saat mencapai batas FUP, kami juga menyediakan paket tambahan dengan harga Rp 9 ribu untuk tambahan 1GB dan 20 ribu untuk tambahan 3GB," ujar Ari.

Selain unlimited bulanan, Smartfren juga memiliki paket untuk kebutuhan mingguan dan harian. Paket unlimited mingguan dibanderol Rp 49 ribu, sedangkan paket unlimited harian Rp 9 ribu.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
Tragedi Kabut Asap