Paket Unlimited Smartfren Sumbang Kenaikan Lalu Lintas Data 19 Persen

Oleh Agustinus Mario Damar pada 15 Agu 2018, 16:30 WIB
Smartfren

Liputan6.com, Yogyakarta - Mulai tahun ini, Smartfren kembali memperkenalkan paket internet unlimited untuk para penggunanya. Sejak Juni 2018, harga paket unlimited dibanderol menjadi Rp 60 ribu dari sebelumnya Rp 149 ribu.

Menurut GM Prepaid Smartfren, Ari Abdya, kehadiran paket unlimited ini tidak lepas dari gaya hidup generasi milienial yang dekat dengan internet, dan menjadi salah satu kebutuhan penting saat ini.

"Oleh sebab itu, Smartfren mengolah potensi yang ada dengan menawarkan internet unlimited untuk para penggunanya," tuturnya saat media gathering di Yogyakarta, Selasa (14/8/2018) malam. Peningkatan pengguna unlimited, menurut Ari, juga cukup signifikan.

Sementara secara nasional ada kenaikan lalu lintas data 19 persen per bulan yang disumbang dari pengguna unlimited. Berdasarkan data yang dikumpulkan, pengguna unlimited saat ini meningkat hingga 59 persen sejak awal rilis.

Di sisi lain, penawaran fair usage policy (FUP) sebesar 1GB per hari ternyata masih dirasa cukup bagi pengguna. Ari mengatakan hal itu terlihat dari penggunaan data rata-rata pengguna paket unlimited.

"Rata-rata penggunaan per bulan sekitar 20,13GB, sedangkan penggunaan per hari 670MB. Padahal, jika ditotal dengan FUP 1GB per hari, pengguna bisa memperoleh kuota 30GB. Jadi, 1GB itu dirasa cukup," tuturnya menjelaskan.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2 of 3

Perangkat Non-Andromax Lebih Besar

Samsung Galaxy J1 Ace yang dibundling dengan Smartfren (Sumber: Smartfren)

Ari menjelaskan, 77 persen pengguna paket unlimited berasal dari perangkat non-Andromax. Dengan kata lain, paket ini dapat menggali potensi pengguna yang belum memakai Smartfren.

"Hal ini juga tidak lepas dari langkah Smartfren untuk open market handset hingga layanan kami dapat dinikmati oleh model smartphone lain yang sudah mendukung," tutur Ari.

Lebih lanjut Ari menuturkan, apabila FUP harian 1GB sudah habis dan kecepatan, pengguna sebenarnya masih dapat mengakses layanan media sosial. Meski untuk akses streaming video tentu akan disesuaikan.

 

3 of 3

Paket Alternatif

BTS (ckn.io)

Tidak hanya menyediakan paket unlimited dengan banderol Rp 60 ribu, Smartfren juga menyediakan paket serupa yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, yakni paket unlimited Rp 50 ribu dan paket unlimited Rp 100 ribu.

Untuk paket unlimited 50 ribu, Smartfren menawarkan askes internet tanpa FUP dengan kecepatan mencapai 512Kbps. Sementara paket unlimited 100 ribu, layanan yang didapatkan mirip dengan yang ada saat ini, tapi FUP lebih besar, yakni 1,5GB.

"Bagi pengguna yang merasa kurang dan membutuhkan kecepatan optimal saat mencapai batas FUP, kami juga menyediakan paket tambahan dengan harga Rp 9 ribu untuk tambahan 1GB dan 20 ribu untuk tambahan 3GB," ujar Ari.

Selain unlimited bulanan, Smartfren juga memiliki paket untuk kebutuhan mingguan dan harian. Paket unlimited mingguan dibanderol Rp 49 ribu, sedangkan paket unlimited harian Rp 9 ribu.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓