Sukses

Semua Smartphone Nokia Bakal Cicipi Android Pie

Semua smartphone Nokia yang telah dirilis HMD Global dipastikan bakal mendapatkan pembaruan OS ke Android Pie.

Liputan6.com, Jakarta - HMD Global akan merilis sistem operasi (OS) Android Pie (9.0) untuk semua seri smartphone Nokia yang telah dirilisnya, tak cuma perangkat Android Go. Hal ini telah dipastikan langsung oleh perusahaan asal Finlandia tersebut.

Dilansir Phone Arena, Kamis (16/8/2018), semua pengguna smartphone Nokia yang dirilis HMD Global akan mendapatkan pembaruan OS untuk perangkatnya.

Kendati demikian, perusahaan belum mengumumkan jadwal peluncuran OS Android versi baru itu untuk jajaran produknya.

Berikut semua smartphone Nokia yang diprediksi akan mencicipi Android Pie beberapa bulan lagi, yaitu Nokia 1 (Android Go), Nokia 2, Nokia 2.1 (Android Go), Nokia 3, Nokia 3.1, Nokia 5, Nokia 5.1, Nokia 6, Nokia 6.1, Nokia 6.1 Plus.

Selain itu juga termasuk Nokia 7 (eksklusif Tiongkok), Nokia 7 Plus, Nokia 8, Nokia 8 Sirocco, Nokia X6 (eksklusif Tiongkok), and Nokia X5 (eksklusif Tiongkok).

Nokia 7 Plus kemungkinan akan menjadi yang pertama mendapatkan pembaruan ke Android 9 Pie, karena merupakan satu-satunya smartphone HMD yang mengikuti program Developer Preview. Setelahnya, Nokia 8 dan Nokia 8 Sirocco akan menyusul.

Adapun smartphone Android Go akan mendapatkan Android Pie sebelum handset segmen menengah dan bawah milik Nokia lainnya.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Google Ungkap Alasan Pakai Nama Android Pie

Android Pie adalah nama resmi dari OS baru Google, Android 9. OS baru ini telah tersedia untuk ponsel Pixel dan Essential Phone, sedangkan peluncuran untuk perangkat lain akan menyusul pada tahun ini dan 2019.

Lantas, apa alasan Google memiliki nama kue pie sebagai nama sistem operasi terbarunya ini?

Disampaikan Engineering Director Google, Andrei Popescu, pemilihan Android Pie sebagai nama OS Android 9.0 tak lain karena dinilai memiliki kesederhanaan dari kue pie itu sendiri.

"Pemilihan nama ini adalah tujuan yang sama kami usung bersama Android. Android Pie adalah tentang kecerdasan buatan dan User Interface (UI) yang lebih sederhana dan intuitif, kami pikir itu sesuai dengan karakteristik kue pie yang sederhana dan tidak repot membuatnya," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Serba-serbi Peluncuran Android 9 Pie

Ada beberapa informasi menarik yang perlu kamu ketahui tentang peluncuran OS robot hijau baru ini. Berikut rinciannya:

1. Peluncuran Android 9 Pie Perdana

Android P telah resmi dirilis, setelah sebelumnya Google menghadirkannya dalam versi beta.

Para pengguna ponsel Pixel bisa mendapatkan Android Pie secara gratis melalui over-the-air. Essential Phone juga sudah bisa mendapatkan OS itu.

"Kami bangga membawa Android 9 Pie untuk Essential Phone di hari yang sama dengan peluncurannya," tulis Essential dalam pengumumannya.

Lima smartphone Android pertama yang bisa mencicipi OS ini adalah Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel, Pixel XL dan Essential Phone.

2. Peluncuran Android 9 Pie Sebelum Akhir Tahun

Kabar baik untuk Sony, Xiaomi, HMD Global, Oppo, Vivo dan One Plus dan sejumlah perangkat Android One. Google mengatakan perusahaan-perusahaan tersebut, yang berpartisipasi dalam program Android Pie beta, akan mendapatkan pembaruan OS pada akhir musim gugur.

Jika merujuk pada kisaran waktu itu, smartphoe Sony cs yang kompatibel akan mendapatkan pembaruan ke Android 9 Pie sebelum 21 Desember 2018.

3. Peluncuran Android 9 Pie Akhir 2018-2019

Lalu bagaimana nasib smartphone Samsung, LG, Motorola dan lainnya? Jajaran vendor tersebut kemungkinan akan mengumumkan tanggal peluncuran Android 9 Pie untuk produknya beberapa bulan lagi hingga tahun depan.

Beragamnya waktu peluncuran ini sudah biasa bagi pembaruan Android, khususnya di Amerika Serikat (AS) karena membutuhkan persetujuan operator seluler.

Lebih lanjut, ada sejumlah ponsel lain yang dilaporkan menerima Android 9 Pie lebih awal yakni seri Pixel 3.

Google diyakini akan mengumumkan smartphone Pixel 3 dan Pixel 3 XL pada Oktober 2018. Sama seperti peluncuran seri Pixel lain, Pixel 3 dan 3XL akan melenggang dengan OS Android terbaru.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.