Sukses

Bukalapak Gandeng Pusat Zakat Umat Dorong UKM Goes Digital

Bukalapak bekerja sama dengan Pusat Zakat Umat menggelar program pemberdayaan ekonomi masyarakat bertajuk 'Pelatihan UKM Goes Digital'.

Liputan6.com, Bandung - Bukalapak bekerja sama dengan Pusat Zakat Umat menggelar program pemberdayaan ekonomi masyarakat bertajuk 'Pelatihan UKM Goes Digital' di Gedung Qornul Manazil, Bojongsoang, Bandung.

Kegiatan yang berlangsung pada Rabu (15/8/2018) ini dihadiri oleh kader jamiyyah yang berasal dari seluruh Badan otonom dan Perguruan tinggi Persatuan Islam, juga masyarakat umum. Program ini merupakan implementasi Bukalapak untuk membangun Indonesia melalui pemberdayaan UKM dengan dukungan teknologi.

Seluruh peserta pada program kegiatan 'Pelatihan UKM Goes Digital' ini diberikan edukasi dan pelatihan seputar seluk beluk bisnis online bersama para pakar dan pelapak Bukalapak yang memiliki pengalaman dalam berbisnis online.

Para pembicara yang mengisi kegiatan tersebut adalah Muhammad Isa selaku Strategic Advisor to CEO Bukalapak, Abdul Hafizh Asri selaku Investment Solutions Manager Bukalapak, Edwin Khadafi selaku Wakil Ketua Himpunan Pengusaha Persatuan Islam (HIPPI) Pusat, dan Om Hermawan Ranger Komunitas Bukalapak Jakarta.

Sederet materi yang diberikan kepada peserta pelatihan seperti pentingnya pemanfaatan teknologi digital dalam berwirausaha, membangun mental sebagai pebisnis, manfaat dan prospek berjualan secara online, tips dan trik menjalankan bisnis online yang baik dan benar, serta cara menghadapi berbagai resiko dalam berbisnis secara online.

“Pemberdayaan ekonomi masyarakat di seluruh Indonesia menjadi salah satu fokus kami di Bukalapak. Penetrasi penggunaan internet di Indonesia mengubah perilaku belanja masyarakat yang semula masih offline menjadi online. Kami melihat adanya potensi masyarakat Indonesia untuk menjadi pebisnis online," ujar Isa.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BukaReksa Syariah

Ia melanjutkan, pihaknya berharap nantinya para peserta program pelatihan ini dapat memiliki gambaran mengenai kewirausahaan dan dapat mengembangkan diri untuk menjadi pebisnis online.

Pada kegiatan ini Bukalapak juga memperkenalkan BukaReksa Syariah sebagai media investasi modern yang aman, praktis, dan tentunya sejalan dengan nilai-nilai syariat Islam.

Abdul Hafizh Asri selaku Investment Solutions Manager Bukalapak mengatakan, “Bukalapak merangkul seluruh masyarakat Indonesia untuk cerdas dalam mengelola keuangan, salah satunya adalah melalui investasi. Bukalapak melalui BukaReksa Syariah mentransformasi investasi tradisional menjadi digital namun tetap sejalan dengan nilai-nilai syariat Islam."

Fitur BukaReksa Syariah ini, Hafizh menjelaskan, menawarkan empat produk Reksa Dana Syariah di dalamnya yang memungkinkan seluruh pengguna untuk melakukan investasi secara aman di mana saja dan kapan saja dengan mudah karena dapat dimulai dengan investasi senilai Rp 10.000.

 

3 dari 3 halaman

Pelatihan Life Skill

Sementara Angga Nugraha, Direktur Eksekutif Pusat Zakat Umat mengatakan, “Pusat Zakat Umat selalu berikhtiar untuk menaikkan derajat masyarakat, di antaranya mengadakan pelatihan life skill dengan target tahun 2018 ini 5.000 penerima manfaat melalui berbagai program pemberdayaan ekonomi seperti pelatihan AC, handphone, beautyclass, dan digital entrepreneurship yang akan kami laksanakan kali ini bersama Bukalapak."

oleh karena itu, Angga menambahkan, pihaknya selalu terbuka untuk menerima pihak-pihak yang ingin menjadikan kami mitra dalam program pemberdayaan ekonomi masyarakat. Dengan adanya pelatihan oleh Bukalapak seperti ini, diharapkan dapat memperluas wawasan kewirausahaan.

"Kami menanamkan semangat kepada para masyarakat umum khususnya kepada seluruh kader jami’yyah Persatuan Islam dan masyarakat umum dalam membangun ekonomi umat yang jujur, berkah, dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat luas,” pungkasnya.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.