Sukses

Gelombang Panas Menjalar di Bumi, Ini 5 Cara yang Bisa Diantisipasi

Ada 5 (lima) cara yang kita bisa lakukan untuk mengantisipasi gelombang panas. Apa saja? Berikut langkahnya.

Jakarta - Gelombang panas yang terjadi di beberapa negara belakangan ini, menjadi sorotan dunia. Bagaimana tidak, negara-negara Eropa di bagian Barat Daya terutama yang terkena dampaknya.

Pemerintah di Portugal mengeluarkan peringatan di seluruh negeri, termasuk bahaya debu dari Sahara.

Di Spanyol, peringatan diberikan bagi 40 dari 50 provinsi Spanyol. Suhu di kota Beja di Portugal bahkan juga diperkirakan mencapai 47 derajat Celcius.

Bagi manusia, salah satu dampak suhu tinggi adalah kemampuan berpikir yang melambat sekitar 13 persen, demikian studi yang dilakukan Harvard Chan School of Public Health bulan Juli lalu.

Tapi bukan itu saja masalah yang ditimbulkan suhu tinggi. Suhu tinggi dari gelombang panas meningkatkan polutan di udara, karena suhu tinggi juga mempercepat reaksi kimia. Ini menyebabkan tingginya risiko serangan jantung dan penyakit pernapasan.

Meski di Indonesia sendiri gelombang panas belum menjadi isu serius, kita setidaknya harus mengantisipasinya dengan beberapa cara.

Dilansir DW pada Rabu (15/8/2018), ada 5 (lima) cara yang kita bisa lakukan untuk mengantisipasi gelombang panas. Apa saja? Berikut langkahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Gunakan Warna Putih

Salah satu langkah mudah untuk memerangi sinar Matahari terik adalah dengan menggunakan warna putih untuk mencat atap rumah.

Ide ini sudah lama dilaksanakan di Yunani. Atap berwarna hitam menyerap sinar matahari, dan menyebabkan suhu tambah panas di dalam rumah. Sebaliknya, warna cerah bisa merefleksikan kembali sampai 80 persen cahaya matahari.

3 dari 6 halaman

Penghijauan

Menanam pohon-pohon adalah langkah mudah untuk menciptakan lokasi adem di kota.

Terutama bayangan yang tercipta di bawah pohon, dan air yang diuapkan pohon memegang peranan penting.

Jika ditanam secara strategis di tepi jalanan atau gedung-gedung, ini bisa secara signifikan membuat suhu di dalam gedung lebih sejuk, dan memerangi efek pulau suhu panas di perkotaan.

4 dari 6 halaman

Taman Kota

Menurut studi di Universitas Teknik München, beberapa areal taman di kota bisa membuat suhu kota lebih sejuk, dibanding satu taman yang besar.

Sebabnya, satu taman besar hanya menurunkan suhu di satu lokasi tertentu. Sementara sejumlah taman kecil yang terpencar efeknya lebih merata.

5 dari 6 halaman

Taman Rooftop

Jika tidak ingin mengecat atap dengan warna putih, atap hijau atau kebun di atap gedung juga bisa berdampak membuat suhu lebih sejuk di perkotaan.

Vegetasi menyerap panas lewat penguapan air hujan, di samping itu tanaman jadi pelindung bagi gedung dan mengurangi kebutuhan akan pendingin ruangan. Atap bangunan bisa jadi lahan ideal untuk sayuran seperti labu (foto) dan wortel.

6 dari 6 halaman

Tanam Cabai

Jika membuat kebun di atap bangunan, coba juga menanam cabai. Karena makanan berbumbu pedas, percaya atau tidak, bisa membuat tubuh lebih sejuk. Cabai membuat orang berkeringat, sehingga menurunkan suhu tubuh.

Reporter: DW Indonesia

Sumber: DW.com

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.