Saingi Apple, Samsung Umumkan Smartwatch Galaxy Watch

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 12 Agu 2018, 09:00 WIB
Galaxy Watch

Liputan6.com, Jakarta - Ada kejutan dari Samsung usai menyingkap tabir Galaxy Note 9, smartphone yang membuat penasaran banyak orang.

Kejutan yang membuat hadirin yang datang di Barclays Center, Brooklyn, New York, Amerika Serikat pada Kamis (9/10/2018) ini bersorak adalah kehadiran jam pintar Galaxy Watch.

Ya, selain Galaxy Note 9 yang hadir dengan ruang penyimpanan hingga 1TB, Samsung memperkenalkan Galaxy Watch.

Sebagaimana dikutip dari The Verge, Minggu (12/8/2018), Galaxy Watch hadir dalam dua versi, yakni versi silver berdiameter 46mm dan versi black dan rose gold yang memiliki diameter 42mm.

Perusahaan tak lagi menggunakan nama Gear untuk lini jam tangan pintarnya dan malah memakai nama Galaxy, seperti lini smartphone-nya.

Perangkat wearable pintar ini kabarnya akan tersedia di Amerika Serikat pada 24 Agustus 2018 dan tanggal 31 Agustus 2018 di Korea Selatan.

Sementara, negara-negara lainnya akan kebagian Galaxy Watch sekitar tanggal 14 September 2018.

Menyoal harga, Galaxy Watch versi Bluetooth yang berdiameter 42mm dibanderol USD 329,99 atau setara Rp 4,7 jutaan. Sementara untuk Galaxy Watch yang berdiameter 46 inci dibanderol USD 349,99 atau setara Rp 5 jutaan.

Tidak hanya versi Bluetooth, Galaxy Watch yang didukung jaringan LTE akan tersedia belakangan. Selain itu belum diketahui berapa harga perangkat ini.

2 of 3

Spesifikasi Galaxy Watch

Galaxy Watch
Galaxy Watch versi diameter 42mm (Foto: The Verge)

Dalam presentasinya, Galaxy Watch hadir dengan layar sentuh super AMOLED yang dilindungi Gorilla DX+ glass. Jam pintar ini juga memiliki ketahan terhadap air dan debu dengan sertifikat IP68.

Galaxy Watch dengan diameter 46mm dibekali baterai berkapasitas 472mAh dan 270mAh untuk versi 42mm.

Uniknya, jam pintar ini menjalankan OS Tizen versi 4.0. Menyoal kinerja, Galaxy Watch didukung prosesor Exynos 9110 dual core berkecepatan 1,15GHz.

Seperti jam pintar lain, Galaxy Watch juga didukung monitor detak jantung, sensor cahaya ambient, akselerometer, giroskop, dan barometer.

Khusus untuk Galaxy Watch versi LTE didukung RAM 1,15GB dan memori internal 4GB. Sementara untuk versi Bluetooth didukung RAM 768MB dan memori internal 4GB.

3 of 3

Baterai Tahan Beberapa Hari

Galaxy Watch
Galaxy Watch versi diameter 46mm (Foto: The Verge)

Samsung menjanjikan daya Galaxy Watch tahan hingga beberapa jam dengan sekali pengisian daya penuh.

Galaxy Watch juga dilengkapi beberapa fitur berorientasi pada kesehatan, termasuk pemantauan detak jantung untuk setiap pengguna.

Jadi, saat smartwatch ini mendeteksi jantung pengguna sedang berpacu, jam pintar akan mengingatkan pengguna untuk lebih rileks.

Selain itu, Galaxy Watch juga diklaim mampu melacak kebugaran dan mengizinkan pengguna untuk memilih aktivitas yang ingin dilakukan. Jam ini juga mampu mendeteksi pola tidur serta memastikan seberapa baik kualitas tidur si pengguna.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓