Sukses

Ma'ruf Amin Jadi Cawapres Jokowi, Warganet Serukan #AlhamdullilahJOIN

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, tagar #AlhamdulillahJOIN berhasil berada di puncak Trending Topic Twitter Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Teka-teki mengenai calon wakil presiden Joko Widodo saat ikut serta dalam Pemilihan Presiden 2019 akhirnya terjawab sudah. Usai bertemu dengan sejumlah perwakilan partai koalisi, Jokowi mengumumkan KH Ma'ruf Amin sebagai pasangannya.

Keputusan ini dianggap mengejutkan mengingat sempat tersiar kabar Mahfud MD merupakan calon terkuat pasangan Jokowi. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu disebut akan mendamping Jokowi dalam Pemilihan Umum tahun depan.

Pengumuman ini segera direspon oleh sejumlah warganet di Twitter. Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Kamis (9/8/2018), tagar #AlhamdulillahJOIN berhasil berada di puncak Trending Topic Twitter Indonesia.

JOIN sendiri merupakan singkatan dari nama Jokowi dengan KH Ma'ruf Amin. Kebanyakan dari cuitan warganet berisi ucapan selamat terhadap calon pasangan yang akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum esok hari.

"Selamat bekerja pakde @jokowi dan Kyai Makruf Amin #AlhamdulillahJOIN," tulis akun Twitter @mellytriany. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai respon warganet tersebut, berikut ini ada beberapa tweet yang sudah dihimpun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Jokowi Gandeng Ma'ruf Amin Jadi Cawapres

Jokowi sendiri mengaku mempunyai sejumlah alasan menggandeng Ma'ruf Amin.

"Mungkin ada beberapa pertanyaan dari masyarakat luas, mengapa Ma'ruf Amin yang dipilih. Beliau adalah sosok utuh sebagai tokoh agama yang bekerjasama," ucap Jokowi dalam konferensi pers bersama 9 ketua umum parpol koalisi di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Dia juga mengatakan, Ma'ruf merupakan sosok yang kaya pengalaman di sejumlah institusi legislatif dan pemerintahan. 

"Beliau sebagai anggota DPRD, DPR RI, MPR RI, dan Wantimpres," ucap Jokowi.

Dia juga menyampaikan, Ma'ruf juga menjadi ketua di PBNU. "Rais Aam PBNU dan juga Ketua MUI," ucap dia.

Dengan pengalamannya yang dimiliki Ma'ruf, Jokowi menilai Ma'ruf sosok yang tepat sebagai pendampingnya di Pilpres 2019.

"Dalam kaitannya dengan Kebhinekaan Profesor Ma'ruf Amin juga menjabat sebagai dewan pengarah BPIP. Demikian yang dapat saya sampaikan," ucap Jokowi.

3 dari 3 halaman

Jokowi dan Ma'ruf Amin Daftar ke KPU Jam 9 Pagi Besok

Calon petahana Joko Widodo atau Jokowi akan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pukul 09.00 WIB, Jumat 10 Agustus 2018. Jokowi bersama pasangannya, Ma'ruf Amin, akan berangkat ke KPU dari Gedung Djoeang 45, Menteng, Jakarta Pusat.

"Jam 9 pagi, kami akan mendaftarkan ke KPU. Berangkat dari Gedung Djoeang 45 ke KPU," ucap Jokowidi restoran Plataran Menteng, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Menurut dia, seluruh ketua umum partai dan sekjen yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja akan turut mendampingi. Juga bersama para relawan.

"(Berangkat) beserta para seluruh ketua umum, sekjen dan relawan," kata Jokowi.

(Dam)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.