Sukses

Seri Feature Phone Qin Ternyata Bukan Besutan Xiaomi

Dari keterangan yang diterima, Qin sebenarnya hanya memanfaatkan platform crowdfunding dari Xiaomi.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lalu, sempat tersiar kabar Xiaomi akan merilis produk baru berupa feature phone. Masuk dalam lini Qin, ada dua varian yang siap diperkenalkan, yakni Qin 1 dan Qin 1s.

Terbaru, Xiaomi membantah Qin merupakan ponsel besutannya. Dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Rabu (8/8/2018), Qin sebenarnya hanya memanfaatkan platform crowdfunding dari Xiaomi.

Sementara perusahaan pembesut kedua ponsel ini adalah Shenzhen Duoqin Technology. Karena itu, perusahaan asal Tiongkok itu menegaskan Qin tidak masuk dalam lini produk perangkat Xiaomi.

"Ponsel Qin 1 dan Qin 1s saat ini ditawarkan di platform crowdfunding milik Xiaomi. Di Tiongkok, platform ini terbuka untuk banyak merek pihak ketiga di luar Xiaomi," tutur Xiaomi dalam keterangannya.

Kendati demikian, ponsel ini masih memakai asisten suara besutan Xiaomi, yakni Xiao Ai. Asisten suara itu dimanfaatkan untuk interaksi cerdas yang dilakukan ponsel.

Sebelumnya, seperti dikutip dari GSM Arena, Qin merupakan ponsel yang didesain oleh Xiaomi dan dikembangkan melalui proses crowdfunding. Kedua ponsel Qin tampil dengan gaya khas feature phone, yakni keyboard fisik dan layar kecil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Ponsel Qin

Qin 1 menjadi model yang paling sederhana. Ponsel ini didukung chipset MediaTek MT6260A, RAM 8GB, dan memori internal 16MB. Hadir tanpa dukungan GPS atau LTE, ponsel ini masih dibekali dengan Bluetooth 4.2 dan Wi-Fi.

Ponsel ini menjalankan sistem operasi yang diberi nama Nucleus. Dengan baterai berkapasitas 1.480mAh, Xiaomi mengklaim ponsel ini mampu bertahan hingga 15 hari.

Sementara Qin 1s diperkuat dengan chipset Spreadtrum SC9820, RAM 256MB, dan memori 512MB. Ponsel ini sudah mendukung VoLTE, GPS, Wi-Fi, Bluetooth 4.2.

Kedua ponsel dibekali port USB Type-C dengan speaker di bagian bawah. Sayang, keduanya tidak memiliki kamera dan headphone jack 3,5mm.

Rencananya, ponsel yang tersedia dalam warna putih dan hitam ini akan dibanderol 199 yuan atau sekitar Rp 420 ribu. Namun, belum dapat dipastikan apakah Xiaomi akan menghadirkan ponsel ini di pasar global.

3 dari 3 halaman

Resmi Meluncur, Ini Harga Xiaomi Mi A2

Xiaomi sendiri sebenarnya baru saja merilis smartphone Android One, yakni Mi A2 di Madrid, Spanyol, Selasa (24/7/2018). Tidak hanya satu, kali ini Xiaomi menghadirkan dua perangkat Mi A2 yakni Mi A2 dan Mi A2 Lite.

Senior Vice President Xiaomi, Wang Xiang, mengakui dasar alasan Xiaomi menghadirkan Mi A2 dan Mi A2 Lite karena perusahaan melihat respons pengguna yang sangat antusias dengan seri sebelumnya, yakni Mi A1.

"Tahun ini kami memutuskan dengan meluncurkan dua perangkat (Android One) baru dalam program yang sama, Mi A2 dan Mi A2 Lite," ujar Wang Xiang dalam sesi keynote pembukanya.

"Mi A1 adalah smartphone terbaik dalam segmennya di 2017. Bahkan, Mi Fans sangat menyukainya," lanjut Wang Xiang.

Smartphone ini masing-masing dibanderol 249 Euro atau setara Rp 4,2 jutaan (RAM 4GB dan memori internal 64GB). Sementara untuk varian RAM 6GB dan memori internal 128GB dibanderol 279 Euro atau Rp 4,7 jutaan.

Adaoun varian 6GB dengan memori internal 256GB dijual 349 Euro atau setara Rp 5,9 jutaan. 

Menyoal spesifikasi, Xiaomi Mi A2 hadir dengan layar 5,99 inci dan resolusi 1.080 x 2.160 piksel dan rasio 18:9.

Sekadar informasi, perangkat ini dibekali OS Android 8.1 Oreo dengan antarmuka stock Android One. Mi A2 diperkuat dengan chipset octa-core Snapdragon 660 dari Qualcomm.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.