Sukses

Google Ungkap Alasan Pakai Nama Android Pie

Apa alasan Google memiliki nama kue pie sebagai nama sistem operasi terbarunya ini

Liputan6.com, Jakarta - Android adalah sistem operasi besutan Google yang kerap mengusung nama-nama kudapan manis. Ambil contoh seperti Nougat, Oreo, hingga yang terbaru: Android Pie.

Lantas, apa alasan Google memiliki nama kue pie sebagai nama sistem operasi terbarunya ini?

Disampaikan Engineering Director Google, Andrei Popescu, alasan mengapa raksasa teknologi yang dipimpin Sundar Pichai memilih Android Pie sebagai nama sistem operasi Android 9.0 tak lain karena menilai kesederhanaan dari kue pie itu sendiri.

“Pemilihan nama ini adalah tujuan yang sama kami usung bersama Android,” kata Andre, sebagaimana dikutip dari BBC, Rabu (8/8/2018).

Android Pie adalah tentang kecerdasan buatan dan User Interface (UI) yang lebih sederhana dan intuitif, kami pikir itu sesuai dengan karakteristik kue pie yang sederhana dan tidak repot membuatnya,” lanjutnya.

Google sendiri memang selalu menggunakan nama kudapan manis atau hidangan penutup sebagai nama ikonis untuk sistem operasi Android-nya. Lalu, kenapa harus kudapan manis?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Mengapa Harus Kudapan Manis

Menurut informasi yang dilansir Android Authority, Selasa (22/8/2017), alasan Google memilih nama camilan untuk sistem operasinya semata-mata karena ketidaksengajaan.

Dijelaskan juru bicara Google, Randall Sarafa, konsep sistem operasi Android dengan nama camilan tercetus secara tidak sengaja dari tim kreatif internal Google.

"Ini terjadi secara random--bagaimana ya menjelaskannya, pokoknya kami tiba-tiba saja spontan mencetuskan nama camilan. Jadi, setiap sistem operasi dirilis kami selalu mencari nama camilan secara alfabetis," kata Sarafa.

Sekadar informasi, kini sudah ada sepuluh nama sistem operasi Google yang diambil dari camilan manis dan hidangan penutup.

Android 1.0 dan 1.1 dinamai Android Alpha dan Beta. Barulah setelahnya muncul Android 1,5 dengan nama Cupcake untuk Android C.

3 dari 3 halaman

Android Pie Resmi Meluncur, Ini Daftar Smartphone yang Kebagian Lebih Dulu

Untuk diketahui, Android Pie baru hadir di sejumlah smartphone. Beberapa smartphone yang akan mencicipi sistem operasi terbaru ini dipastikan hanya smartphone murni besutan Google.

Menurut informasi yang dilansir Tech Radar, Selasa (7/8/2018), Android Pie baru akan menyambangi beberapa smartphone Google, mulai dari Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, dan Pixel 3 XL.

Adapun smartphone lain yang juga akan mendapatkan Android Pie adalah Essential Phone, yakni smartphone besutan kreator Android, Andy Rubin. 

Untuk beberapa smartphone lainnya, bisa mulai mendapatkan pembaruan Android Pie mulai 21 Desember 2018.

Beberapa seri smartphone ini dipastikan adalah smartphone seri Android One. Selain Android One, smartphone lain yang dimaksud adalah OnePlus 6, Sony Xperia XZ2, Nokia 7 Plus, Oppo R15 Pro, Vivo X21, Vivo X21UD, dan Xiaomi Mi MIX 2s.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.