Sukses

Android Pie Sambangi Pixel Lebih Dulu, Samsung dkk Kapan?

Kapan smartphone Samsung, LG, Motorola, dan lainnya bakal mencicipi Android Pie?

Liputan6.com, Jakarta - Google akhirnya mengumumkan sistem operasi terbarunya, Android P (9.0).

Perusahaan teknologi asal Negeri Paman Sam tersebut pun mengungkap nama resmi dari Android P, yakni Android Pie.

Pembaruan Android Pie juga sudah mulai digulirkan ke sejumlah perangkat pada hari ini, Selasa (7/8/2018).

Adapun smartphone pertama yang bakal mencicipi Android Pie adalah smartphone besutan Google, yakni Pixel. Mulai dari Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, hingga yang terbaru nanti: Pixel 3 dan Pixel 3 XL.

Lantas, kapan Android Pie akan hadir di smarthone Android non-Pixel lain? Menurut informasi yang dilansir laman Tech Radar pada Selasa (7/8/2018), Android Pie akan meluncur ke beberapa seri smartphone pada 21 Desember 2018.

Beberapa seri yang dimaksud adalah seri smartphone Android One dan beberapa seri smartphone, seperti OnePlus 6, Sony Xperia XZ2, Nokia 7 Plus, Oppo R15 Pro, Vivo X21, Vivo X21UD, dan Xiaomi Mi MIX 2s.

Lantas, selain smartphone di atas, smartphone seri Samsung, LG, dan beberapa lainnya akan mendapatkan Android Pie pada awal 2019.

Alasannya, beragamnya waktu peluncuran ini sudah biasa bagi pembaruan Android, khususnya di Amerika Serikat (AS), karena membutuhkan persetujuan operator seluler.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dilengkapi Kecerdasan Buatan

Google turut menyertakan teknologi kecerdasan buatan di Android Pie.

Selain itu, Android terbaru ini juga sudah mendukung kehadiran notch atau poni yang tengah menjadi tren di banyak smartphone.

Tak hanya itu, Android Pie memiliki navigasi yang lebih sederhana dan berbasis gestur, mirip iPhone X.

Jadi, navigasi untuk kembali ke halaman depan, berpindah aplikasi, atau membuka Google Assistant dapat dilakukan dengan satu tombol Home.

Sekadar informasi, kehadiran Android P sendiri sudah diumumkan secara resmi pada gelaran Google I/O Mei 2018. Tak lama setelah itu, Google langsung merilis versi preview untuk sejumlah developer.

Penggunaan nama makanan pencuci mulut yang manis memang sudah menjadi ciri khas Android.

Sebelum diumumkan, rumor nama resmi Android P sempat beredar di internet, mulai dari Pistachio hingga Pancake.

 

3 dari 3 halaman

Deretan Fitur Android Pie

Sama seperti tahun sebelumnya, dalam gelaran Google I/O kali ini Google turut mengumumkan kehadiran Android P. Meski masih dalam versi beta, perusahaan sudah mengungkap sejumlah fitur anyar.

VP Engineering Android Dave Burke menuturkan, Android P mengusung tiga tema, yakni cerdas, sederhana, dan sangat digital.

Bagi kamu yang penasaran seperti apa fitur anyar Androd P, berikut beberapa rangkumannya seperti dikutip dari Venture Beat, Rabu (9/5/2018),

Salah satu fitur yang diperkenalkan Google untuk Android P adalah App Actions. Fitur ini memungkinkan Android memprediksi tindakan yang akan dilakukan oleh pengguna.

Tak hanya itu, fitur ini juga memungkinkan pengembang meningkatkan kemampuan aplikasinya termasuk membuat konten yang lebih mudah diakses. Jadi, pengguna dapat melakukan sejumlah tindakan dengan lebih cepat.

Fitur ini dapat berlaku di sejumlah aplikasi, seperti Google Search, Google Play, Google Assistant, dan launcher Android. Nantinya, rekomendasi tindakan akan dibuat berdasarkan pemakaian dan relevansinya dengan pengguna.

Android P juga hadir dengan fitur bernama Slice. Fitur ini mampu menampilkan antarmuka aplikasi di dalam hasil pencarian Google Search, termasuk Google Assistant.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.