Sukses

Kecerdasan Buatan OpenAI Kembali Libas Tim Profesional Dota 2

OpenAI Five berhasil mengalahkan satu tim yang terdiri dari empat pemain profesional dan komentator gim Dota 2.

Liputan6.com, Jakarta - Satu setengah bulan yang lalu, OpenAI memperlihatkan kemampuan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) milik perusahaan dengan melawan skuat Dota 2 terbaik di dunia.

Terkini, AI besutan perusahaan nirlaba rintisan Elon Musk ini kembali bertarung dan berhasil mengalahkan pemain profesional Dota 2.

Dikutip dari laman The Verge, Selasa (7/8/2018), bot AI yang diberi nama OpenAI Five ini melawan satu tim yang terdiri dari empat pemain profesional dan komentator gim Dota 2.

Adapun tim "manusia" beranggotakan, Ben "Merlini" Wu, William "Blitz" Lee, loannis "Fogged" Lucas, David "MoonMeander" Tan, dan Austin "Capitalist" Walsh.

Kedua tim bertarung dalam format pertandingan best-of-three (BO3).

Saking kuatnya tim OpenAI Five ketika bertarung di pertandingan pertama, tim yang terdiri dari pemain profesional Dota 2 tersebut tak mampu menghancurkan satu pun tower milik lawan.

Mereka baru bisa menghancurkan satu tower milik tim OpenAI di babak kedua. Tim manusia baru bisa berhasil kalahkan bot OpenAI Five di babak ketiga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persyaratan Kedua Tim Bertarung

Bot berbasis kecerdasan buatan milik OpenAI siap bertarung di turnamen dunia Dota 2, The Internationals. (Doc: OpenAI)

Meski begitu, perusahaan mengakui pertandingan tersebut bukan gim standar Dota 2. OpenAI memodifikasi pertandingan tersebut agar bot AI bisa mudah menganalisa.

Dalam pertandingan, kedua tim hanya bisa memilih heroes terbatas, tidak bisa menggunakan item tertentu di dalam gim, tidak boleh pakai wards, tak ada Roshan, dan sebagainya.

 

3 dari 3 halaman

Pernah Kalah

Dota 2 (sumber: steam)

Sekadar informasi, kemenangan OpenAI Five tak selalu berjalan mulus. Sebelumnya, pengembang OpenAI pernah kalah terhadap tim amatir ketika bertanding pada bulan Mei.

Pada Juni 2018, AI telah "matang" untuk mengalahkan beberapa pemain profesional, dan hari ini mampu menunjukkan kemampuannya dengan mengalahkan tim profesional DotA 2.

Berikutnya, OpenAI akan mengambil peran penting dalam pertandingan The International 8 yang berlangsung akhir bulan ini.

Di ajang besar tersebut, tim-tim terbaik akan bersaing untuk mendapatkan hadiah utama menjadi juara Dota 2 2018 dan membuktikan kemampuanya bertarung melawan AI.

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.