Sukses

Android Pie Resmi Meluncur, Ini Daftar Smartphone yang Kebagian Lebih Dulu

Beberapa smartphone yang akan mencicipi sistem operasi terbaru ini dipastikan hanya smartphone murni besutan Google.

Liputan6.com, Jakarta - Google akhirnya resmi menggulirkan pembaruan sistem operasi Android terbarunya, Android P (9.0). Perusahaan juga telah mengumumkan nama resmi dari Android P adalah Android Pie.

Untuk diketahui, Android Pie baru hadir di sejumlah smartphone. Beberapa smartphone yang akan mencicipi sistem operasi terbaru ini dipastikan hanya smartphone murni besutan Google.

Menurut informasi yang dilansir Tech Radar, Selasa (7/8/2018), Android Pie baru akan menyambangi beberapa smartphone Google, mulai dari Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, dan Pixel 3 XL.

Adapun smartphone lain yang juga akan mendapatkan Android Pie adalah Essential Phone, yakni smartphone besutan kreator Android, Andy Rubin. 

Untuk beberapa smartphone lainnya, bisa mulai mendapatkan pembaruan Android Pie mulai 21 Desember 2018.

Beberapa seri smartphone ini dipastikan adalah smartphone seri Android One. Selain Android One, smartphone lain yang dimaksud adalah OnePlus 6, Sony Xperia XZ2, Nokia 7 Plus, Oppo R15 Pro, Vivo X21, Vivo X21UD, dan Xiaomi Mi MIX 2s.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapan Smartphone Lain Mulai Cicipi Android Pie?

Selain dari smartphone yang disebutkan di atas, kapan seri smartphone lainnya mulai mencicipi Android Pie?

Menurut keterangan yang dikutip The Verge, smartphone seperti Samsung, LG, Motorola, dan beberapa lainnya akan baru mendapatkan Android Pie pada awal 2019.

Belum bisa dipastikan per kapan Android Pie bakal hadir ke seri dari masing-masing smartphone.

 

3 dari 3 halaman

Deretan Fitur Android Pie

Sama seperti tahun sebelumnya, dalam gelaran Google I/O kali ini Google turut mengumumkan kehadiran Android P. Meski masih dalam versi beta, perusahaan sudah mengungkap sejumlah fitur anyar.

VP Engineering Android Dave Burke menuturkan, Android P mengusung tiga tema, yakni cerdas, sederhana, dan sangat digital.

Bagi kamu yang penasaran seperti apa fitur anyar Androd P, berikut beberapa rangkumannya seperti dikutip dari Venture Beat, Rabu (9/5/2018),

Salah satu fitur yang diperkenalkan Google untuk Android P adalah App Actions. Fitur ini memungkinkan Android memprediksi tindakan yang akan dilakukan oleh pengguna.

Tak hanya itu, fitur ini juga memungkinkan pengembang meningkatkan kemampuan aplikasinya termasuk membuat konten yang lebih mudah diakses. Jadi, pengguna dapat melakukan sejumlah tindakan dengan lebih cepat.

Fitur ini dapat berlaku di sejumlah aplikasi, seperti Google Search, Google Play, Google Assistant, dan launcher Android. Nantinya, rekomendasi tindakan akan dibuat berdasarkan pemakaian dan relevansinya dengan pengguna.

Android P juga hadir dengan fitur bernama Slice. Fitur ini mampu menampilkan antarmuka aplikasi di dalam hasil pencarian Google Search termasuk Google Assistant.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.