Sukses

Kesiapan Layanan 4G Operator Seluler Jelang Asian Games 2018

Sejumlah operator telah menyiapkan jaringan 4G untuk mempermudah proses telekomunikasi dan memberikan impresi baik tentang Indonesia kepada para peserta Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mempermudah proses telekomunikasi dan memberikan impresi baik tentang Indonesia kepada para peserta Asian Games 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terus berusaha meyakinkan masyarakat tentang jaminan akses telekomunikasi, terutama internet.

Dari sisi jaringan infrastruktur seluler, sejumlah operator, yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Hutchison 3 Indonesia, dan Smartfren Telecom telah menyiapkan jaringan 4G.

Kelima operator seluler tersebut mengklaim memiliki jaringan 4G paling mumpuni. Untuk menerawang kesiapan para operator pun sangat mudah.

Umumnya, jaringan operator diuji keandalannya saat puncak trafik di bulan Ramadan dan Lebaran.

Dari catatan para operator seluler, semuanya mengalami lonjakan trafik data pada masa mudik Lebaran. Dalam keterangan resmi yang Tekno Liputan6.com terima, trafik data XL pada Lebaran tahun ini naik 30 persen dibanding hari biasa dan naik 95 persen dibanding Lebaran tahun lalu.

Trafik data tertinggi selama periode 10 hari didominasi antara lain oleh trafik data streaming, mencakup video dan musik sebesar 47 persen. Penggunaan data berikutnya secara berurutan adalah web browsing 16 persen, layanan pesan singkat 13 persen, dan media sosial 12 persen.

Sementara Telkomsel mencatat kenaikan 12,89 Petabyte atau meningkat 22,3 persen pada H-1 Idul Fitri jika dibandingkan dengan trafik layanan data pada hari biasa. Jumlah itu meningkat 109 persen dibanding Lebaran tahun lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Media Sosial Jadi Kontributor Tertinggi

Dari sisi layanan, media sosial menjadi kontributor tertinggi penggunaan layanan data Telkomsel pada momen Lebaran dengan 33,7 persen, diikuti video streaming 31,3 persen, dan layanan pesan instan 14,1 persen.

Begitu pula dengan Indosat Ooredoo yang mengklaim trafik layanan data pada Idul Fitri 1439 H meningkat 73,03 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Perusahaan mencatat peningkatan trafik tertinggi untuk penggunaan data pada puncak arus mudik atau bertepatan H-3 Lebaran sebesar 5.338,47 Terabyte/hari, atau naik 49,70 persen dibandingkan hari biasa.

Sementara itu, penggunaan data pada Lebaran sebesar 4.867,58 Terabyte/hari atau meningkat 73,03 persen dibandingkan tahun lalu.

 

3 dari 3 halaman

Fenomena Menarik

Lonjakan trafik juga dialami Hutchison 3 Indonesia (Tri), dengan peningkatan mencapai hampir 90 persen dibanding periode sama pada tahun lalu atau naik 11 persen dibanding hari biasa.

Tri bahkan melaporkan fenomena menarik yang terjadi pada pelanggannya. Operator telekomunikasi itu menyebut, ada lonjakan penggunaan dari aplikasi media sosial dan gim.

Salah satu lonjakan lalu lintas data didapat dari pengguna yang mengakses gim Mobile Legends. Data mencatat mayoritas lonjakan hingga 91 persen didominasi oleh aplikasi ini.

Sementara Smartfren mencatat adanya kenaikan trafik data 4G yang signifikan yaitu 176 persen dibandingkan dengan periode sama pada tahun lalu. Kenaikan tertinggi terjadi pada H-3 dan H+3 Idul Fitri.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.