Sukses

Cegah Kecanduan, Ini Tips Batasi Waktu Main Aplikasi Instagram

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar mencegah kamu kecanduan main Instagram.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti smartphone, media sosial juga bisa membuat orang kecanduan.

Saking sudah menikmati bermain di media sosial, kita bisa lama terlena dan berlama-lama 'menempel' dengannya. Ujung-ujungnya, kita malah tidak peduli dengan lingkungan sekitar. 

Instagram tidak ingin penggunanya jadi anti sosial karena terlalu lama menggunakan platform-nya.

Baru-baru ini, Instagram merilis sebuah tool yang memungkinkan pengguna untuk membatasi waktu di aplikasi tersebut.

Berikut adalah cara membatasi waktu penggunaan Instagram, berdasarkan keterangan tertulis dari Instagram yang diterima Tekno Liputan6.com, Sabtu (4/8/2018). 

Untuk menggunakan perangkat ini, pengguna bisa membuka opsi Setting di aplikasi Instagram. Kemudian, pilih opsi "Your Activity", kemudian, pilih "Your Time on Facebook".

Pada bagian paling atas, pengguna akan melihat dashboard berisi waktu rata-rata yang mereka habiskan di aplikasi Instagram.

Di bawah dashboard, pengguna bisa mengatur pengingat harian untuk mengingatkan jika sudah mencapai waktu maksimum untuk menggunakan Instagram di hari tersebut.

Uniknya, pengguna bisa mengubah atau mengganti pengingat ini kapan saja.

Pengguna juga bisa mengetuk “Notification Settings” untuk mengakses pilihan “Mute Push Notifications” guna membatasi notifikasi dari Instagram pada saat-saat di mana mereka tidak ingin diganggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Baru Dirilis Instagram

Beberapa waktu yang lalu Instagram mengumumkan sebuah tool baru yang membantu pengguna mengatur seberapa lama waktu yang mereka habiskan di platform berbagi foto dan video singkat itu.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Tekno Liputan6.com, tool yang dimaksud adalah activity dashboard.

Instagram menyebut, mereka kini memiliki pengingat harian (reminder) dan cara baru untuk membatasi notifikasi.

"Perangkat ini kami kembangkan lewat kolaborasi dengan pakar dan organisasi kesehatan mental dan para akademisi, didukung dengan riset mendalam dan saran langsung dari para pengguna Instagram. Kami ingin waktu yang Anda habiskan di Instagram menjadi waktu yang positif dan menginspirasi," kata Product Management Director Instagram Ameet Ranadive.

Dia mengatakan, dengan perangkat ini pengguna bisa memiliki kontrol terhadap waktu yang ingin dihabiskan di platform Instagram.

Selain itu, perangkat ini juga bisa digunakan untuk mendukung percakapan orangtua dan anak-anak tentang kebiasaan bermedia sosial yang tepat untuk mereka.

"Fitur ini bukan hanya menampilkan jumlah waktu yang Anda habiskan di Instagram, namun juga apa yang Anda nikmati di platform kami," kata Ranadive.

Dia mengatakan, kehadiran tool ini akan membantu pengguna memanfaatkan Instagram secara bijak.

Ranadive melanjutnya, kehadiran tool ini adalah langkah awal yang penting bagi Instagram.

"Kami akan terus melanjutkan usaha kami dalam membangun komunitas yang aman, positif, dan mendukung bagi semua pengguna kami," pungkasnya.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.