Berukuran Lebih Kecil, iPad Pro Tak Usung Headphone Jack?

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 31 Jul 2018, 11:30 WIB
Diperbarui 02 Agu 2018, 11:13 WIB
iPad

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini, rumor tentang perangkat baru Apple berkutat di seputar iPhone yang akan rilis tahun depan. Rupanya ada juga bocoran tentang iPad Pro.

Terbaru, ada bocoran kalau iPad Pro generasi anyar akan hadir dengan teknologi FaceID milik iPhone X.

Selain itu, ada juga bukti yang menunjukkan iPad Pro tidak akan dibekali headphone jack 3,5mm. Bodinya pun akan lebih kecil dibanding pendahulunya.

Mengutip sumber-sumber di perusahaan pemasok komponen Apple, situs Jepang Mac Otakara melaporkan, kedua model iPad Pro yang akan datang bakal hadir dengan bodi yang lebih kecil.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com pada Selasa (31/7/2018), iPad Pro 10,5 inci yang baru dikabarkan memiliki ukuran lebih kecil, yakni 247,5mm x 178,7mm, dengan ketebalan 6 mm. Sebelumnya, lebarnya 250,6mm x 174,1mm, dengan ketebalan 6,1mm.

Sementara, model 12,9 inci akan dipangkas hingga memiliki dimensi 280mm x 215mm, dengan ketebalan 6,4mm. Sebelumnya dimensi iPad model ini adalah 305,7mm x 220,6mm, dengan ketebalan 6,9mm.

Penyesuaian ini tidak akan menghadirkan perubahan apapun ke ukuran layar. Artinya, dimensi layar tetap sama hanya saja perangkatnya lebih kecil, terutama iPad Pro 12,9 inci.

Laporan yang sama menyebut, Apple tidak akan menghadirkan headphone jack pada iPad Pro baru ini. Hal yang sama terjadi pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus pada tahun 2016 lalu.

Mac Otakara menyebut, perubahan pada iPad Pro ini akan terjadi bersamaan dengan penambahan sistem kamera TrueDepth untuk FaceID.

Artinya, ukuran dimensi perangkat yang lebih kecil bisa jadi merupakan imbas dari kian kecilnya bezel dan dihilangkannya tombol Home.

2 of 2

FaceID Tak Berfungsi Saat Modus Landscape

iPhone X
Fitur FaceID di iPhone X. (Foto: Apple)

Kendati demikian, FaceID tidak akan berfungsi saat iPad dalam kondisi lanscape orientation.

Sebagaimana diketahui, iPad lebih sering digunakan dalam kondisi landscape saat dihubungkan dengan keyboard.

Tentunya ini akan menjadi masalah tersendiri bagi mereka yang menggunakannya secara landscape.

Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, Apple kabarnya akan memindahkan Smart Connector ke sisi bawah perangkat, dekat konektor Lightning.

Sebagai akibatnya, aksesoris seperti Smart Keyboard Apple akan terhubung dan digunakan dalam mode vertikal.

Tentunya, hal ini akan menjadi langkah menarik bagi Apple, karena bakal ada perubahan signifikan dari penggunaan iPad Pro.

Saat ini, belum jelas kapan Apple akan mengumumkan kehadiran iPad terbarunya. Diduga, perusahaan Amerika itu akan merilisnya September mendatang, sehingga masih ada waktu untuk bocoran-bocoran selanjutnya.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓